10 Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh

KrillOil.id – 10 Makanan Penurun Kolesterol-Kolesterol adalah salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol dibiarkan maka akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain.

10 makanan penurun kolesterol
            10 makanan penurun kolesterol

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk dapat menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan tidak menganggu kesehatan kita. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia, beranggapan bahwa penyakit kolesterol akan lebih banyak diderita oleh orang yang sudah tua dan kebanyakan hanya dialami yang berjenis kelamin pria. Tetapi hal ini sebenarnya salah, karena hampir setiap orang dari berbagai umur bisa terkena koletserol.

Sekarang ini juga banyak wanita yang masih muda terkena kolesterol. Mereka biasanya merasakan pegal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuhnya dan kemudian tidak menyadari bahwa mereka terkena kolesterol. Tetapi setelah diperiksa dan dicek lebih mendalam, kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Ketika Anda sedang mengalami hal tersebut maka sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Usahakan menggunakan berbagai makanan yang menyehatkan terlebih dahulu dibandingkan harus mengkonsumsi obat. Jika Anda tergantung pada obat maka hal ini juga kurang baik untuk kesehatan Anda.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kolesterol Tinggi dan Makanan Penurun Kolesterol

Sebelum membahas mengenai makanan penurun kolesterol, maka sebaiknya kita bahas dahulu mengenai apa itu kolesterol. Karena belum semua orang memahami apa itu kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi pada saat kadar dari kolesterol yang ada di dalam darah lebih dari batas normal yang telah ditentukan. Kolesterol adalah sebuah senyawa lemak dari berilin dimana sebagin besar dari lemak tersebut diproduksi oleh organ hati serta sebagian darinya didapat dari berbagai makanan yang dikonsumis oleh kita.

Dengan adanya kadar kolesterol yang tinggi maka bisa meningkatkan resiko untuk Anda terkena berbagai jenis penyakit lainnya yang jauh lebih serius. Penyakit yang biasanya akan mengikuti orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi yaitu penyakit asam urat bahkan jantung. Biasanya orang yang memiliki kolesterol yang tinggi akan merasakan ada yang berbeda didalam kondisi tubuhnya. Ada juga orang yang mengabaikan rasa sakit tersebut sehingga pada saat dicek baru menyadari bahwa kadar kolesterol yang ada pada tubuhnya sangat tinggi.

10 Makanan penurun kolesterol tinggi secara cepat

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Jus jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk alami berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Sebabnya, jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid di dalamnya.

3. kacang almond

Kacang almond dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian mencatat bahwa konsumsi kacang almond setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat 3% hingga 19%.

4. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang disebut dengan EPA dan DHA yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.

6. Kacang kedelai

Mereka yang menderita kolesterol tinggi disarankan untuk makan kedelai. Sebab kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang membantu untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. Avokad

Avokad merupakan buah yang jadi sumber lemak tak jenuh. Avokad juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral lainnya yang semua bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

8. minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Menambahkan minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kolesterol.

9. Cokelat hitam

Ngemil cokelat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. Sebabnya cokelat ini mengandung theobromine yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

10. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah-rempah yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat. [feb]

Jadi, dengan mengetahui berbagai manfaat sayuran dan buah-buahan diatas maka Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya lainnya yang biasanya menjadi kelanjutan bagi penderita kadar kolesterol yang tinggi. Untuk Anda yang berusia diatas lima puluh tahun maka sangat disarankan sudah harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena jika tidak menjaga berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka kadar kolesterol bisa naik dengan cepat. Sekarang Anda benar-benar sudah harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Sebaiknya menghindari berbagai makanan berlemak seperti daging kambing, jeroan, berbagai jenis seafood, keju, makanan yang bersantan, kuning telur, telur burung puyuh dan berbagai makanan berlemak lainnya. Karena berbagai makanan yang berlemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. Anda juga harus melakukan pemeriksaan yang berkala agar mengetahui kadar kolesterol yang ada didalam tubuh apakah sudah sesuai standar, lebih tinggi atau lebih rendah. Jika hasilnya menyatakan tinggi, maka Anda harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan makan makanan yang direbus karena akan lebih baik untuk tubuh. Hindari makanan yang digoreng karena akan mengandung lemak jenuh yang menganggu kesehatan tubuh dan tentunya akan meningkatkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *