Asam Urat dan Kolesterol Hindari Makanan Ini

Asam Urat dan Kolesterol – Kolestrol merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Seperti air dengan minyak, kolestrol di dalam darah tidak dapat bercampur hingga untuk transportnya kolestrol memerlukan “angkutan” yaitu LDL (low density lipoprotein – kolestrol jahat) dan HDL (high density lipoprotein – kolestrol baik). Terlalu banyak LDL dalam tubuh dapat menimbulkan komplikasi berupa plak pada jantung atau organ-organ lain. Trigliserid juga merupakan suatu jenis lemak dalam profil kolesterol Anda.

asam urat dan kolesterol

Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: memakan makanan dengan zat gizi seimbang (jangan mengomnsumsi lemak berlebihan), rajin berolah raga (disarankan minimal 3x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food/ junk food/ gorengan. Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol dan lemak. Contoh obat penurun kolesterol adalah simvastatin, atorvastatin, dan robuvastatin. Contoh obat penyerap lemak adalah orlistat. Namun pemakaian keduanya harus dengan pemantauan dokter karena tentunya memiliki efek samping dan bila pemakaian tidak terkontrol maka akan memberikan efek yang tidak diharapkan.

Makanan yang tinggi akan kolesetrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang.

Baca Juga : Cara Menurunkan Trigliserida

Makanan yang Dianjurkan

Berikut adalah daftar makanan untuk penderita kolesterol dan asam urat :

Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digorengHindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otakGunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega. Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebasMakan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandumMakanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkanBanyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)Sedangkan untuk mengurangi asam urat, jenis obat yang digunakan contohnya Alopurinol. Untuk mendapatkan obat ini Anda harus memperoleh resep dokter, agar dosis dapat disesuaikan untuk diri Anda. Selain itu, penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Baca Juga : Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

  • Jeroan

    Tak cuma penderita asam urat yang dilarang mengonsumsi jeroan, orang dengan kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.
    Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

  • Makanan laut atau boga bahari (seafood)

    Seafood alias makanan laut, seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik, terutama bagi penderita kolesterol tinggi, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 125 mg kolesterol. Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng, tentu tingkat kolesterolnya akan semakin tinggi. Yuk, batasi asupan makanan laut agar kadar asam urat dan kolesterol tetap terjaga.

  • Daging

    Penderita asam urat dan kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi asupan daging. Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut. Disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

  • Minuman beralkohol

    Asam urat dan kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berat jika ditambah minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang. Selain itu, bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh. Minum minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Tubuh sehat bisa diraih dengan menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam kondisi normal. Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa untuk rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Rutin memeriksakan kadar asam urat dan kolesterol serta melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter, juga merupakan langkah penting untuk mencegah dampak pada kondisi kesehatan akibat kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Asam Lambung

Cara Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat maupun kolesterol total yang agak tinggi, antara lain :

1. Diet turunkan kadar asam urat

Asam urat merupakan hasil dari pemecahan purin yang didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Dalam makanan sehari-hari, jumlah purin yang dikonsumsi sekitar 600-1.000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari.

Hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1.000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti : daging merah, jeroan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden).

Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, tetapi dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti jamur, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

Bahan makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, cokelat, dan lainnya. Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat. Batasi alkohol, bir, ragi, dan minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Baca Juga : Makanan untuk Kolesterol Tinggi

2. Diet turunkan kolesterol

Kolesterol merupakan bahan seperti lemak yang ada dalam darah. Kolesterol yang berada dalam darah berasal dari tubuh yang mensintesis dan juga dari makanan. Oleh karena itu, anjuran kolesterol sekitar kurang 200 mg/hari bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi. Adapun bahan makanan yang kaya kolesterol seperti :

  • Kuning telur 210 mg/butir
  • Cavier 94 mg/satu sendok makan
  • Hati 564 mg/100 gr
  • Kerang 105 mg/100 gr
  • Mentega 215 mg/100 gr
  • Udang 260 mg/100 gr
  • Cumi 260 mg/100 gr
  • Fast food 235 mg/100 gr

3. Olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur dan terukur sebanyak 3-4x seminggu.

4. Gaya hidup sehat termasuk mempertahankan berat badan dalam nilai yang ideal. Jika dihitung IMT (indeks massa tubuh) ananda sekitar 24,1, berarti masuk dalam kategori overweight (kelebihan berat badan). Oleh karena itu, ananda usahakan turunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal sekitar 57 kg.

 

Sumber :

  1. lifestyle,kompas,com
  2. www,klikdokter,com
  3. alodokter,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *