Cara Cepat Turunkan Kolesterol

cara cepat turunkan kolesterol

Cara Cepat Turunkan Kolesterol – Kolesterol selama ini dianggap negatif. Banyak orang menghindari makanan berkolesterol, dapat menyebabkan penyakit jantung, katanya. Ini mungkin benar tapi bisa juga tidak. Tetapi, tahukah Anda sebenarnya apa itu kolesterol? Apakah benar seburuk yang Anda bayangkan?

Kolesterol adalah lilin, seperti lemak, yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Zat ini mungkin sering dipandang negatif selama ini. Hampir semua orang beranggapan makanan berkolesterol tinggi harus dihindari. Namun, tahukah Anda sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh?

Ya, tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Tubuh sendiri sebenarnya bisa membuat semua zat tersebut sesuai kebutuhan, tapi ini mungkin hanya dalam jumlah kecil.

Kebanyakan kolesterol yang ada dalam tubuh mungkin Anda dapatkan dari konsumsi makanan. Hati akan memproduksi lebih banyak zat ini jika Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kolesterol dalam darah Anda menjadi tinggi.

Baca Juga : Trigliserida Tinggi Gejala dan Tanda-Tandanya

Cara Cepat Turunkan Kolesterol

Selain mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter, ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

3. Pilih makanan rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat Dengan Cepat

4. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Akan lebih baik lagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

5. Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Berhenti merokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, berhentilah merokok. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

7. Kontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, Anda disarankan menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, demi menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Cara Menangani Asam lambung yang Tepat

Cara Mencegah Kolesterol Naik

Cara Cepat Turunkan Kolesterol – Berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi di atas mungkin belum dirasa berguna bagi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Perlu diketahui bahwa kolesterol di dalam tubuh bisa naik karena pola makan yang buruk dan faktor risiko lainnya. Meski demikian, Anda bisa mengantisipasiya dnegan melakukan cara mencegah kolesterol naik i bawah ini:

1. Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh khususnya yang berhubungan dengan jantung, Dengan olahraga, kemungkinan terjadi kenaikan lemak di dalam tubuh akan rendah. Kondisi obesitas tidak akan terjadi sehingga peluang terjadi kenaikan kolesterol di dalam darah juga rendah.

Berdasarkan beberapa penelitian terkait dengan olahraga dan kolesterol, kadar HDL di dalam tubuh meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Sementara itu kadar LDL justru menurun sehingga peluang terjadi gangguan pada jantung akan rendah.

2. Memerhatikan Asupan Lemak

Memerhatikan asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi cara mencegah kolesterol naik yang paling mudah dilakukan. Hindari lemak trans dan perbanyak lemak dengan jenis polyunsaturated khususnya omega-3 dan monosaturated. Gunakan minyak kelapa yang bening ketimbang minyak dari kelapa sawit yang berwarna kuning.

Baca Juga : Kolesterol Normal Begini Menjaganya

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan akan membuat total kolesterol di dalam tubuh menurun. Selain itu, tubuh juga menekan hati untuk tidak terus menghasilkan kolesterol khususnya LDL yang memberikan dampak buruk. Obesitas yang menurun pada tubuh akan melipatkan kerja dari HDL sehingga LDL di dalam darah bisa segera diatasi.

4. Berhenti Merokok

Rokok menyebabkan gangguan pada sistem imunitas sel. Racun yang terkandung di dalamnya menyebabkan tubuh tidak bisa mengembalikan kolesterol yang menempel di pembuluh darah kembali ke aliran. Sebenarnya, berhenti merokok sudah bisa menjadi cara mencegah kolesterol naik yang paling berpengaruh.

5. Mengonsumsi Serat yang Cukup

Mungkin Anda tidak akan menduga kalau serat yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan penurunan LDL di dalam tubuh. Serat yang tidak bisa diserap tubuh ini akan menjadi tempat hidup bagi probiotik. Nah, probiotik inilah yang mencegah penyerapan LDL ke darah dan disalurkan ke seluruh tubuh.

Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi seperti kacang polong, buah, oat, dan biji-bijian. Anda juga bisa menggunakan suplemen seperti psyllium yang aman dan harganya cenderung lebih murah dari suplemen serat lainnya.

 

Sumber :

  1. doktersehat,com
  2. hellosehat,com
  3. www,alodokter,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *