Cara Mengatasi Kolesterol dan Asam Urat

cara mengatasi kolesterol dan asam urat

Cara Mengatasi Kolesterol dan Asam Urat – Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Seiring dengan gaya hidup orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Cara menurunkan kolesterol tinggi sebenarnya cukup beragam, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga menggunakan cara yang alami. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan mudah. Cara alami di sini maksudnya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat.

Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Kurang olahraga dan tidak aktif bergerak
  • Mengonsumsi makanan ringan, alias mengemil
  • Makan malam dan langsung tidur
  • Istirahat tidak teratur
  • Terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda
  • Banyak mengonsumsi gula atau makanan manis
  • Mengonsumsi makanan cepat saji (junk food)
  • Kurang minum air putih
  • Keseringan memakan masakan berminyak
  • Tubuh kurang serat dan BAB tidak teratur, sehingga sisa makanan menjadi lemak

Cara Mengatasi Kolesterol dan Asam Urat

Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) yang bisa mengangkut kolesterol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penyakit. Sementara itu kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) justru mengendap di dinding pembuluh darah dan bisa berujung pada penyakit seperti stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Tapi, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara alami untuk mengatasi kolesterol tinggi. Berikut 9 cara mengatasi kolesterol secara alami tanpa obat yang dirangkum detikHealth:

1. Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang dimodifikasi lewat proses yang disebut hidrogenasi. Bahan makanan yang mengandung lemak trans antara lain margarin dan shortenings.

Lemak trans juga terbukti bisa meningkatkan total kolesterol dan LDL sekaligus menurunkan HDL hingga 20%. Jadi sebisa mungkin hindari bahan makanan yang mengandung lemak trans.

2. Konsumsi Serat yang Mudah Larut

Serat yang mudah larut menandakan nutrisi ini bisa larut di air tapi tidak bisa dicerna oleh tubuh. Tapi, bakteri baik yang hidup di usus (probiotik) bisa mencerna serat ini. Probiotik ini dapat mengurangi lipoprotein jahat, LDL dan VLDL. Beberapa sumber makanan yang kaya akan serat antara lain kacang-kacangan, lentil, buah-buahan, gandum dan masih banyak lagi. Buah-buahan yang cocok untuk menurunkan kolesterol antara lain apel, anggur, strawberry dan jeruk. Buah-buahan ini mengandung pectin yang bisa menurunkan LDL.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

3. Berhenti Merokok

Merokok dikaitkan dengan menurunkan level HDL yang baik dan meningkatkan total kolesterol yang jahat. Selain itu, tar yang ada di rokok juga menghambat kemampuan tubuh untuk memindahkan kolesterol ke hati untuk dihancurkan.

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Omega-3 merupakan jenis lemak yang bagus untuk kesehatan hati dan bisa menurunkan kolesterol. Beberapa makanan sumber omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol antara lain ikan salmon, mackerel, herring dan tuna.

5. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh biasanya ditemukan di makanan seperti daging merah dan produk turunan susu. Makanan seperti ini bisa meningkatkan total kolesterol. Mengurangi konsumsi lemak jenuh bisa menurunkan level LDL di tubuh.

6. Olahraga

Olahraga yang rutin tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk menurunkan kolesterol. Olahraga ringan dengan durasi 30 menit yang dilakukan rutin selama 5 hari terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Perhatikan Konsumsi Alkohol

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat lainnya adalah dengan memperhatikan konsumsi minuman beralkohol. Ketika dikonsumsi dalam batas wajar, ethanol yang ada di minuman beralkohol bisa meningkatkan level HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi jika mengonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan hati.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

8. Turunkan Berat Badan

Diet untuk menurunkan berat badan bisa menurunkan bagaimana tubuh kalian menyerap dan memproduksi kolesterol. Menurunkan berat badan juga sekaligus menurunkan total kolesterol karena bisa mengurangi produksi kolesterol di hati.

9. Konsumsi Makanan Turunan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Studi menemukan bahwa mengonsumsi 25% protein dari kedelai dalam sehari bisa menurunkan level LDL 5-6%. Beberapa makanan dan minuman hasil olahan kedelai antara lain tahu, tempe dan susu kedelai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *