Cara Menghilangkan Kolesterol Secara Alami

CARA MENGHILANGKAN KOLESTEROL SECARA ALAMI

Cara Menghilangkan Kolesterol Secara Alami – Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang sehat dan menghasilkan hormon. Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Pahami cara menurunkan kolesterol dengan mudah secara alami melalui pola makan dan gaya hidup sehat.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan endapan lemak di dalam pembuluh darah. Endapan ini akan menghambat aliran di pembuluh darah arteri. Akibatnya, organ-organ penting di dalam tubuh tidak mendapatkan cukup asupan darah yang kaya akan oksigen.

Endapan lemak di pembuluh darah juga meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung, penyakit jantung koroner, angina, dan gagal jantung. Sementara itu, berkurangnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan stroke.

Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya sering mengonsumsi makanan berlemak jenuh, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, dan jarang berolahraga. Meski demikian, kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, alias mewarisinya dari orang tua.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Kadar kolesterol normal dalam tubuh

menghilangkan kolesterol – Penting bagi Anda untuk memeriksakan kadar kolesterol LDL dan HDL dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap lima tahun pada setiap orang yang berusia di atas 20 tahun, tes ini biasa disebut dengan profil lipid.

Tes profil lipid dapat menunjukkan jumlah kolesterol total yang ada dalam tubuh, jumlah LDL, jumlah HDL, dan jumlah trigliserida. Batasan untuk setiap jenis tes ini adalah:

Kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan Anda bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
Trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Baca Juga : Kadar Asam Urat Normal Pada Seseorang

Cara Menghilangkan Kolesterol Secara Alami

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menurunkan kolesterol secara alami sehingga Anda tidak perlu terus mengkonsumsi obat.

1.  Mulai Dari Gaya Hidup

Gaya hidup seperti cara makan dan olahraga adalah hal yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol. Batasi makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, daging berlemak, mentega dan lainnya. Selain itu, lakukanlah olahraga secara rutin. Orang yang memiliki LDL tinggi biasanya memiliki berat badan yang berlebihan. Dengan olahraga dan makan yang teratur untuk menurunkan berat badan, maka kadar LDL dan HDL pun akan turun.

2. Hindari Rokok Dan Stress

berhenti merokok

Kandungan di dalam rokok dapat menyebabkan penurunan HDL di dalam tubuh yang mengakibatkan LDL terus meningkat. Selain merokok, sebenarnya stress juga dapat meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh. Daripada Anda menghabiskan waktu untuk stress, lebih baik gunakan untuk berolahraga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

3. Minum Air Perasan Jeruk Nipis Pagi dan Malam

air perasan jeruk

Jeruk nipis mengandung flavonoid, yang berguna sebagai anti oksidan. Kandungan anti oksidan di dalam flavonoid ini melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan molekul yang dapat merusak sel sehat. Jika merasa terlalu asam, Anda dapat menggabungkan perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat pada waktu bangun tidur dan sebelum tidur. Minumlah secara rutin, sehingga kadar kolesterol jahat pun akan berkurang.

4. Minum Jus Anggur, Jus Jambu Merah, Jus Kulit Manggis

 

jus jambu merah

Selain mengandung banyak serat, buah-buahan ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan anti oksidan yang baik untuk tubuh Anda.

5. Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal adalah makanan dengan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL di dalam tubuh Anda. Serat ini membantu mengeluarkan lemak dari tubuh dalam bentuk feses. Oatmeal juga cocok menjadi obat kolesterol yang dapat Anda konsumsi setiap hari.

6. Mengkonsumsi Bekatul

bekatul

Bekatul adalah sisa penggilingan padi kedua. Saat padi digiling, kulitnya akan terpisah dari kulit. Bekatul mengandung tokotrienol yang berfungsi untuk menghambat kerja enzim penimbun kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga : Herbal Untuk Asam Urat dan Kolesterol

7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Baik

makanan berlemak baik

Terdapat beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol, misalnya:

Minyak zaitun.
Ikan-ikanan (salmon, tuna, sarden, herring) yang mengandung Omega-3 tinggi.
Alpukat.
Kacang-kacangan (kenari, almond, mede, kedelai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *