Cara Mengobati Asam Urat dan Kolesterol

Cara Mengobati Asam Urat dan Kolesterol – Penderita kolesterol dan darah tinggi, biasanya memiliki kecenderungan menderita asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah dapat dijaga dengan rutin olahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, terasa panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah. Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Dalam Semalam

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

  1. Jeroan

    Tak cuma penderita asam urat yang dilarang mengonsumsi jeroan, orang dengan kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.
    Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

  2. Makanan laut atau boga bahari (seafood)

    Seafood alias makanan laut, seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik, terutama bagi penderita kolesterol tinggi, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 125 mg kolesterol. Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng, tentu tingkat kolesterolnya akan semakin tinggi. Yuk, batasi asupan makanan laut agar kadar asam urat dan kolesterol tetap terjaga.

    Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

  3. Daging

    Penderita asam urat dan kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi asupan daging. Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut. Disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

  4. Minuman beralkohol

    Asam urat dan kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berat jika ditambah minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang. Selain itu, bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh. Minum minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Tubuh sehat bisa diraih dengan menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam kondisi normal. Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa untuk rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Rutin memeriksakan kadar asam urat dan kolesterol serta melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter, juga merupakan langkah penting untuk mencegah dampak pada kondisi kesehatan akibat kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi.

Baca Juga : Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat dan Kolesterol Dengan Alami

Sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia, ada baiknya Anda mencoba cara alami untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti dirangkum Krilloil.id :

1. Minum banyak air putih

Minum setidaknya depalan sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine Anda encer.

2. Kurangi makanan tinggi purin

Kurangi atau bahkan hindari makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak, juga daging merah dan alkohol. Tapi beberapa sayuran juga mengandung purin, seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur.

3. Makan buah ceri

Mengonsumsi buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat, saran Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi tahun 2003 yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Baca Juga : Asam Lambung Tinggi Menyebabkan Sesak Nafas

4. Minum cuka apel organik

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

5. Konsumsi vitamin C

Meningkatkan konsumsi vitamin C membantu mengurangi kadar asam urat. Health911.com menyarankan konsumsi 1.000 mg vitamin C pada awal serangan gout sampai rasa sakit reda, kemudian 500-3000 mg setiap hari untuk pencegahan dan untuk menurunkan kadar asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *