Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami – Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

cara mengobati kolesterol secara alami

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga : cara menurunkan kolesterol

Seiring dengan gaya hidup orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Cara menurunkan kolesterol tinggi sebenarnya cukup beragam, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga menggunakan cara yang alami. Nah, berikut ini  rangkum dari berbagai sumber, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan mudah. Cara alami di sini maksudnya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat.

Baca Juga : Ciri Ciri Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara mengobati kolesterol

1. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah dengan meminum air jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

2. Minum jus anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Kamu bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

Baca Juga : Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

6 MAKANAN PENURUN KOLESTEROL

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami – Bagi yang mempunyai kolesterol tinggi atau mungkin hanya ingin melakukan pencegahan, pastikan kamu mengkonsumsi 6 makanan ini:

1. IKAN LAUT
Ikan laut seperti salmon, tuna, atau cod mengandung tinggi lemak sehat dan vitamin D sehingga sangat membantu meningkatkan metabolisme tumpukan kolesterol di hati dan seluruh tubuh.

2. DARK CHOCOLATE

cara mengobati kolesterol-Ganti cemilan makan manis kamu dengan dark chocolate. Flavonoid dalam dark chocolate bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah.

3. KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan terutama almond dan mete mengandung kolesterol baik (HDL) dan serat yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan metabolisme hati dan melancarkan pembuangan kolesterol jahat.

4. TAHU DAN TEMPE

Protein nabati seperti tahu dan tempe mengandung tinggi protein tetapi rendah kolesterol jahat, berbeda seperti daging sapi. Jadi memenuhi kebutuhan asam amino untuk sel hati tanpa menambah tumpukan kolesterol.

5. KARBOHIDRAT KOMPLEKS

Nasi merah, rolled oat, barley, atau sorghum merupakan karbohidrat kompleks yang tinggi serat untuk mengurangi tumpukan kolesterol di pembuluh darah sekaligus memberikan energi lebih lama untuk proses metabolisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *