Cara Menormalkan Trigliserida

cara menormalkan trigliserida

Cara Menormalkan Trigliserida – Trigliserida adalah bentuk lemak lain yang bisa berasal dari makanan atau dibentuk sendiri oleh tubuh. Memiliki trigliserida yang tinggi sering diikuti juga oleh kolestrol total dan LDL yang tinggi, serta kolestrol HDL yang rendah. Orang yang menderita sakit jantung, diabetes, atau obesitas, biasanya mempunyai kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida dalam darah yang normal harus di bawah 150 mg/dl.

Beberapa orang mempunyai trigliserida yang tinggi karena penyakit lain atau keturunan. Bila memang ada faktor keturunan, maka Anda harus mengubah gaya hidup, mulai diet rendah lemak, olah raga teratur, menurunkan berat badan, tidak merokok, juga tidak minum alkohol. Anda juga dianjurkan mengurangi konsumsi karbohidrat (misalnya nasi, mie atau roti) sampai kurang dari 50 persen dari jumlah kalori total.

Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Kolesterol

Cara Menormalkan Trigliserida

1. Mengonsumsi kacang-kacangan

Beans

Salah satu cara menormalkan kembali kadar trigliserida tinggi yakni dengan mengonsumi kacang-kacangan. Sebab kacang-kacangan memiliki serat yang tinggi serta omega 3 dan lemak tak jenuh. Kacang-kacangan pun dinilai ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida berlebih, seperti kacang almond, kacang kenari dan juga kacang mete. Hasil penelitian bahkan menyatakan bahwa dengan mengonsumsi kacang-kacangan mampu menurunkan trigliserida sebanyak 2,2 mg/dL.

2. Mengonsumsi protein kedelai

kedelai

Kedelai mengandung lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk tubuh yang baik untuk menormalkan kadar trigliserida. Kedeleai juga dapat dimasukkan ke dalam daftar menu makanan untuk penderita trigliserida tinggi, sebab bahan ini sangat mudah diolah baik dalam bentuk makanan hingga susu kedelai. Susu kedelai pun merupakan salah satu susu untuk menurunkan kolesterol yang aman untuk dikonsumsi, lho!

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

3. Menurunkan berat badan

turunkan berat badan

Berat badan bukanlah suatu pertanda yang menyenangkan. Selain dapat menghambat akitivitas harian karena bobot berat yang berlebih, namun obesitas juga dapat memicu terjadinya peningkatan trigliserida dan juga kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita obesitas harus mengurangi bobot berat badannya secara teratur agar kadar trigliserida dan juga kolesterol tetap stabil dan normal.

4. Mengurangi konsumsi gula manis

gula

Gula memiliki peranan penting dalam meningkatkan kadar trigliserida dalah tubuh. Untuk penderita trigliserida tinggi, mengonsumsi makanan seperti kue, bolu, permen dengan kadar gula yang sangat tinggi ini perlu dihindari. Hasil penelitian selama 15 tahun memaparkan bahwa seseorang yang cenderung mengonsumsi 25% kalori dari gula lebih berisko terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan orang yang hanya mengonsumsi 10%.

5. Mengurangi konsumsi makanan berkabohidrat tinggi

karbohidrat

Makanan berkarbohidrat tinggi ternyata memiliki peranan untuk meningkatkan kadar trigliserida. Oleh karena itu, bagi penderita trigliserida tinggi sebaiknya lebih memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi. Apa saja kandungan yang terdapat dimakanan tersebut dan berapa besarannya.

Baca Juga : Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini

6. Mengonsumsi makanan berkarbohidrat rendah

makanan berkarbohidrat rendah

Apabila makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebaiknya dihindari, maka makanan dengan karbohidrat rendah dapat menjadi alternatifnya. Serupa dengan gula, apabila tubuh mengonsumsi karbohidrat maka tubuh akan mengurainya menjadi trigliserida dalam tubuh. Tinggi rendahnya kadar trigliserida tersebut ditentukan oleh sebarapa banyak asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Oleh karenanya makanan yang memiliki karbohidrat rendah lebih dianjurkan. Contohnya seperti sayuran, ikan hingga jus untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida.

7. Rutin melakukan olahraga

olahraga

Olahraga merupakan aktivitas penting yang dapat menjaga tubuh tetap bugar dan fit. Maka tidak heran olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk menormalkan trigliserida seperti semula. Ada berbagai macam cabang olahraga yang dapat Anda pilih, mulai dari bersepeda, senam, lari santai, berenang dan yang lain-lainnya. Kunci dari metode ini adalah rutin melakukan olahraga setiap minggunya untuk hasil yang maksimal.

8. Mengonsumsi ikan berlemak

Salmon

Mengonsumsi ikan berlemak ternyata juga dapat menormalkan kadar trigliserida dalam tubuh. Sebab ikan ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan jantung. Di dalam ikan tersebut terdapat omega 3 yang pasokannya dibutuhkan untuk kebutuhan tubuh setiap hari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Berlebih

9. Tidak meminum alkohol

Konsumsi Alkohol

Alkohol mungkin minuman ajaib yang dapat membuat konsumennya kecanduan bahkan merasakan kesenangan berlebih. Namun ketahuilah bahwa alkohol bukanlah minuman yang baik bagi kesehatan tubuh, karena justru dapat meningkatkan kadar trigliserida hingga 53%. Jumlah peningkatan trigliserida ini sangat berbahaya dan dapat memicu penderita terjangkit penyakit lain yang lebih berbahaya.

10. Makan secara teratur

Beberapa point diatas sangat menggambarkan kalau pola makanan dan kadar trigliserida memiliki hubungan yang begitu erat. Namun bukan berarti Anda harus mengurangi jatah makan setiap harinya. Karena salah cara menormalkan trigliserida adalah makan dengan teratur. Memberikan asupan makanan pada tubuh dapat memberikan energi tambahan untuk menjalankan aktivitas harian. Selain itu, mengurangi jatah makan hanya dapat mengurangi daya tahan tubuh, sehingga tidak disarankan untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *