Cara Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Cara Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol-Penderita kolesterol dan darah tinggi, biasanya memiliki kecenderungan menderita asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah dapat dijaga dengan rutin olahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu.

cara menurunkan asam urat dan kolesterol

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, terasa panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah. Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol, salah satunya dengan suplemen. Jika kamu memakai metode supplemen, kamu tidak perlu repot-repot mengubah pola hidup. Berikut adalah beberapa kandungan bahan-bahan suplemen yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Ekstrak Daun Lotus

ekstrak daun lotus

Ekstrak daun lotus sering dipakai untuk mengobati radang lambung, diare, sakit kepala, dan perdarahan setelah melahirkan.

Berdasarkan penelitian, ekstrak daun lotus juga dapat menurunkan kolesterol total dan mengurangi kadar gula darah puasa. Tanaman berkhasiat ini juga memiliki sifat anti-obesitas dan memperlambat laju metabolisme lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

L-carnitine

L-carnitine adalah asam amino yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Di dalam tubuh, L-carnitine berperan dalam pengolahan lemak dan produksi energi. Dalam dosis tertentu, L-carnitine dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan berpotensi memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Conjugated Linoleic Acid (CLA)

penrun kolesterol

Conjugated linoleic acid (CLA) yang disebut juga asam linoleat, secara alami terdapat dalam daging hewan. Asam linoleat dipercaya memiliki efek menurunkan berat badan dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan suplemen sebagai cara menurunkan kolesterol, pastikan mengonsumsinya sesuai dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, serta penderita penyakit kronis harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen. Disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan manfaat dan efek samping suplemen yang akan kamu gunakan.

Cara Mengatasi Kolesterol secara Alami

jus jeruk

Menjaga kadar kolesterol pada tingkat yang normal dapat meminimalisir resiko sakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Kolesterol yang memiliki kadar normal berfungsi membangun dinding sel agar tetap lentur dan juga berfungsi untuk membentuk beberapa hormon dalam tubuh. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam
Jeruk nipis mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri bertugas melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul yang dapat merusak sel-sel sehat. Yang perlu dilakukan yakni dengan meminum perasan air jeruk nipis yang dicampurkan dalam segelas air hangat, sebaiknya diminum saat pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Lakukan hal ini secara rutin sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

Mengonsumsi bekatul
Bekatul adalah sisa penggilingan padi di proses kedua. Manakala padi digiling, padi akan terpisah dari kulitnya. Kandungan tokotrienol dalam bekatul berfungsi menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Selain itu, bekatul juga menjadi sumber serat pangan yang baik untuk memperlancar pencernaan. Tak ada salahnya kan, mencoba bekatul sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

Mengonsumsi brokoli
Salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yakni dengan mengonsumsi brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi, yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Brokoli akan bekerja membantu proses detoksifikasi tubuh manusia secara alami. Untuk memperoleh manfaat maksimal, lebih baik brokoli dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu dan sebaiknya kamu menghindari brokoli yang diolah melalui proses penggorengan.

Cara Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

sayuran

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhmu, sebaiknya rutin berolahraga dan menghindari makanan yang dapat memicu kenaikan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi cenderung menjadi faktor berkembangnya penyakit asam urat. Berikut akan kami bagikan cara mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi.

Menjaga pola makan
Cara mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi adalah dengan menjaga pola makan. Penderita asam urat dan kolesterol tinggi sebaiknya menghindari mengonsumsi jeroan, makanan laut, daging. Ketiga jenis makanan tersebut mengandung purin, yakni kandungan senyawa kimia yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

krill oil

Menghindari mengonsumsi minuman beralkohol
Menghindari mengonsumsi minuman beralkohol menjadi salah satu cara mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi. Minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi asam urat yang bisa menyebabkan serangan asam urat berulang. Tidak hanya itu, minuman beralkohol khususnya bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat dari dalam tubuh dan justru meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Mengonsumsi obat asam urat alami

Mengonsumsi obat asam urat alami merupakan salah satu cara mengatasi asam urat dan kolesterol yang bisa kamu coba. Obat asam urat alami yang dimaksud ialah buah-buahan yang dapat dengan mudah kita temui, seperti buah ceri, pisang dan apel. Buah ceri mengandung berbagai antioksidan yang dapat mencegah produksi asam urat berlebih dalam tubuh, sedangkan pisang dan apel merupakan buah-buahan yang kandungan purinnya cukup rendah. Kandungan kalium dalam pisang akan mempermudah asam urat dikeluarkan dari dalam tubuh, sedangkan kandungan vitamin c dalam apel dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan asam urat tersebut bahkan mencegah penyakit asam urat.

Ternyata, ada banyak cara alami yang bisa kamu pakai untuk mengatasi kolesterol tinggi dan asam urat. Selamat mencoba, semoga kolesterol dan asam uratmu kembali normal ya..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *