Cara Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

cara menurunkan gula darah dan koleserol

Cara Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol – Ada dua hal dalam tubuh manusia yang punya pengaruh besar bagi kesehatan yaitu kadar gula darah(diabetes) dan kolesterol. Penting untuk mengetahui selalu tingkat kadar kedua hal tersebut dengan alat cek darah yang dapat ditemukan di situs Lamido Indonesia. Nah, agar gula darah, asam urat, dan kolesterol Anda selalu stabil dalam aktivitas sehari-hari, simak tips berikut dari kami.

Gula Darah

Terlalu tinggi atau rendahnya kadar gula dalam tubuh mengakibatkan penyakit yang dinamakan Diabetes Melitus (DM). Sel-sel Pankreas yang menghasilkan Insulin tak bekerja dengan baik, maka kadar gula darah tak dapat dikendalikan secara alami. Penyakit tersebut dapat pula diakibatkan oleh faktor genetis atau keturunan. Ada anggapan jika ada anggota keluarga yang sudah terkena Diabetes Melitus sebelumnya, maka risiko ia terkena penyakit yang sama lebih besar.

Baca Juga : Makanan untuk Penderita Kolesterol

Menurut penelitian, Diabetes Melitus belum dapat disembuhkan. Cara terbaik hanyalah dengan mengendalikan kadar gula dalam darah baik dengan upaya medis atau pola makan yang disesuaikan. Normalnya, kadar gula darah yaitu 140 mg/Dl. Upaya medis dengan suntik Insulin tak lain untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil pada angka tersebut.

Diabetes Melitus dapat berdampak sangat berbahaya bagi penderitanya sebab dapat menyebabkan disabilitas fisik. Akan tetapi, Anda tak perlu terlalu khawatir atau stress, sebab hal itu malah akan memperburuk kadar gula Anda. Berikut ada beberapa tips sederhana untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam tubuh:

Perhatikan berat tubuh. Kelebihan berat badan atau obesitas berpeluang mempertinggi risiko menderita Diabetes Melitus. Ada baiknya Anda menjaga berat badan ideal, selain untuk penampilan optimal, juga menjaga metabolisme dalam tubuh.
Rutin berolahraga. Rajin berolahraga ikut membantu menjaga kadar gula darah. Aktivitas fisik mendorong glukosa diubah menjadi energi. Lakukan hal sederhana seperti berangkat ke kantor dengan sepeda atau gunakan tangga dibanding lift untuk gedung yang tak terlalu tinggi.
Pola makan sehat. Usahakan untuk makan secara teratur yaitu tiga kali sehari dengan porsi cukup dan di antara makan besar itu diselingi dengan snack. Konsumsi pula buah-buahan berwarna terang seperti hijau, merah, dan orange, dan sayur-sayuran. Sebagai pengganti nasi, dapat konsumsi gandum atau beras merah. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa konsumsi kacang panjang dan tempe juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pusing Karena Asam Lambung

Kolesterol

Tidak semua kolesterol berdampak negatif bagi tubuh. Dalam kadar tertentu, tubuh membutuhkan kolesterol baik tak jenuh. Terlalu tinggi kadar kolesterol jenuh dapat mengakibatkan penumpukan pada arteri yang berakibat pada tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan kolesteral baik yang sekaligus menekan tingkat kolesterol buruk dalam tubuh:

Makan dengan porsi yang cukup dan teratur. Banyak konsumsi sayur serta buah-buahan sebagai pengganti konsumsi makanan berlemak. Baik pula konsumsi ikan-ikanan dan sarapan gandum.
Ganti cemilan dengan kacang. Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh cukup tinggi. Akan tetapi disebabkan kacang juga mengandung kalori, jadi batasi konsumsinya.
Olahraga secara rutin. Tak perlu langsung melakukan olahraga dalam waktu lama, cukup lakukan 10 menit tiap hari dengan rutin. Baik juga untuk latihan ringan seperti berjalan kaki dan aerobik.
Jangan stres. Ini kunci penting agar kolesterol Anda tidak meningkat drastis. Cobalah untuk selalu berfikir positif, sering lakukan relaksasi sederhana seperti mengambil nafas dalam-dalam dan pergerakan ringan.

Baca Juga : Makanan yang Mengandung Asam Urat

Cara Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Gula Darah atau Diabetes mellitus merupakan suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Untuk menangani diabetes diperlukan bukan sekedar pengobatan (obat hipoglikemik oral) untuk mengontrol kadar gula dalam darah, namun juga perencanaan makan dan latihan jasmani (olah raga). Dengan penanganan tersebut diharapkan kadar gula dapat terkontrol, komplikasi dapat dihindari dan kualitas hidup penderita diabetes dapat dijaga.

Jika kadar gula sudah cukup tinggi maka tetap diperlukan kontrol yang baik dengan obat agar kadar gula tidak meroket atau melambung tinggi. Hingga kini, bahan-bahan alami baru ditemukan sifatnya membantu penurunan gula darah, namun tidak dapat menjadi agen tunggal. Penggunaannya tetap perlu dikombinasi dengan obat dan atas pengetahuan dokter agar dokter dapat menganalisis apakah bahan tersebut memiliki efek negatif terhadap pengobatan yang diberikan. Begitu juga dengan penurunan kolesterol.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Selain itu, penderita diabetes perlu mengkombinasikan pengobatan, perencanaan makan dan latihan jasmani untuk dapat hidup sehat dan gula darah terkontrol. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik maka dapat terjadi komplikasi seperti kebutaan (diabetes retinopati), gagal ginjal (nefropati diabetikum) dan kerusakan sel saraf perifer (neuropati diabetikum). Untuk itu, penderita diabetes harus mengunjungi dokter dan kontrol secara teratur.

Untuk menurunkan kolesterol, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, Anda dapat mengkonumsi obat kolesterol yang diresepkan oleh dokter.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis,bacon, ham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *