Cara Menurunkan Kolesterol LDL

cara menurunkan kolesterol ldl

Cara Menurunkan Kolesterol LDL – Kolesterol adalah zat berlilin yang ditemukan pada lemak (lipid) darah. Kolesterol penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, asam empedu, dan berbagai hormon tertentu. Namun, memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol tidak dapat larut pada darah dan harus melalui aliran darah dengan pengangkut yang disebut lipoprotein. Anda mungkin pernah mendengar berbagai jenis kolesterol, berdasarkan jenis kolesterol yang dibawa oleh lipoprotein, di antaranya:

  • Low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol LDL adalah yang bisa disebut sebagai kolesterol “jahat” di mana kolesterol LDL menumpuk pada dinding arteri, membuat keras dan sempit.
  • High-density lipoprotein (HDL). Kolesterol HDL disebut sebagai kolesterol “baik” yang membantu menghilangkan kelebihan kolesterol LDL pada arteri dan mengembalikannya ke hati.

Semakin tingginya kadar kolesterol LDL yang Anda miliki pada arteri, semakin besar risiko serangan jantung dari pembekuan darah tiba-tiba yang dapat Anda alami. Kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dapat meliputi penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit vaskular periferal. Kolesterol tinggi terkait dengan diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol

Tanda-tanda dan Gejala Kolesterol LDL

Cara Menurunkan Kolesterol LDL – Umumnya, LDL yang tinggi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala. Namun, biasanya bisa dilihat dari gejala berikut:

  • LDL yang sangat tinggi sejak lahir
  • Tumpukan lemak di bawah kulit, terutama di sekitar otot Achilles dan otot tangan
  • Tumpukan lemak kuning pada kelopak mata
  • Lingkaran abu, putih atau biru di sekitar kornea
  • Nyeri dada
  • Gejala yang menyerupai stroke

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Cara Menurunkan Kolesterol LDL

1. Kurangi asupan lemak jenuh

Institut Jantung, Paru-Paru, dan Darah di negara Amerika sangat menyarankan diet rendah kolesterol berikut ini, meminimalkan lemak jenuh. Dan mereka tentu saja tahu apa yang sedang mereka bicarakan! Cara paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan membatasi jumlah bahan makanan yang diproses ke diet Anda, dan fokus ke buah-buahan, sayuran, dan padi-padian.

  • Apa sumber utama lemak jenuh? Pikirkan binatang — daging sapi, domba, unggas, daging babi, dan produk susu. Semakin banyak diet Anda mengandung sayuran, maka asupan lemak jenuh akan semakin rendah – selama sayurannya tidak diolesi dengan mentega! Satu sendok makan mentega mengandung 7 gram lemak jenuh. Asosiasi jantung Amerika menyarankan kadar lemak jenuh hanya boleh sebesar 7% dari diet Anda.

2. Tingkatkan jumlah serat yang Anda makan setiap hari

Buah-buahan, sayuran, dan padi-padian adalah sumber serat yang sangat baik. Makanan itu membantu membuat kolesterol keluar dari tubuh melalui kotoran, daripada membuat tubuh menyerap kolesterol kembali. Mungkin Anda pernah mendengar nenek Anda membicarakan mengenai hal itu!

  • Gandum, kacang, kacang merah, apel, dan pir kaya akan serat terlarut juga. Itu adalah jenis makanan yang akan melarutkan kolesterol, mencegah kolesterol menumpuk di dalam tubuh Anda.

Baca Juga : Makanan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

3. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat

Makanan seperti ikan, biji alpukat, dan kacang adalah lemak yang baik untuk Anda. Anda tahu, Anda membutuhkannya! Anda menginginkan yang berjenis polyunsaturated.

  • Untuk minyak makan, pilih minyak zaitun, canola, atau kacang. Tetapi pastikan tidak menggunakan minyak itu sebagai tambahan – minyak zaitun dan sejenisnya harus menjadi pengganti untuk hal seperti mentega atau margarin. Dan lagi: moderasi adalah kuncinya. Meskipun hal itu penuh dengan lemak yang sehat tidak berarti Anda bisa mengkonsumsinya secara berlebihan!
    • Minyak zaitun extra-virgin bahkan lebih baik – minyak itu tidak terlalu banyak di proses. Arahkan untuk mengkonsumsi dua sendok makan (30 gram) sehari untuk memperoleh hasilnya.

4. Tambahkan produk makanan yang mengandung sterol atau stanol ke dalam diet Anda

Hal ini termasuk margarin spesial, selada bumbu kuah atau sayuran dan buah di dalam keadaan alami mereka. Mereka seperti sesuatu yang trendi, jadi baca labelnya! Produsen sekarang bahkan menambahkan mereka ke dalam jus jeruk, batang granola, dan sereal.

  • Stanol dan granol seperti menyamar di aliran darah sebagai kolesterol (secara molekul, mereka sangat mirip). Kemudian saat kolesterol masuk, darah Anda akan menolaknya, dan kolesterol akan keluar bersamaan dengan sisa-sisa kotoran lainnya.

Baca Juga : Ramuan Tradisional Asam Lambung

5. Makan, minum, dan masak dengan produk susu yang rendah lemak atau tidak mengandung lemak

Diet DASH, diet mediterania, dan diet Ornish (Semua diet bertujuan untuk membuat jantung jadi sehat) semuanya mengandung produk hewan dalam jumlah yang sedikit, dan hal itu termasuk produk susu. Hal itu karena produk susu (dan produk hewan pada umumnya) mengandung lemak tidak sehat dan kolesterol yang tinggi.

  • Hanya karena sesuatu mengandung kadar kolesterol yang tinggi bukan berarti Anda harus menghindari seluruhnya. Kadang-kadang makan telur tidak akan mengganggu kemajuan diet Anda. Meskipun dokter biasanya berpikir bahwa itu cara kerjanya, sekarang mereka konsentrasi ke lemak yang tidak sehat.
  • Anda bisa mengganti protein dari produk hewan dengan sumber lain, seperti kacang dan sumber protein sayuran lainnya. Apakah pernah mencoba susu almond? Alasan apa yang labih baik daripada kesehatan Anda?! Dan untuk kedelai, mengkonsumsi 25 gram protein kedelai (itu sekitar 2 ½ cangkir susu kedelai) sehari bisa menurunkan kadar LDL Anda sebanyak 5% atau 6%.

6. Konsumsi Omega-3

Jika Anda makan segala sesuatu seperti orang Amerika, “seimbang” mungkin sesuatu yang tidak Anda makan; rasio Omega 3:Omega 6 Anda mungkin sebesar 1:20, sedangkan seharusnya adalah 1:1. Cara mudah untuk merubah itu? ikan.

  • Makarel, Salmon, Lake Trout, Tuna Albacore, dan Halibut semua adalah ikan berlemak yang bagus untuk Anda – tingkat asam lemaknya bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kemungkinan darah Anda menggumpal. Menang! Jika Anda tidak suka ikan, Anda bisa mendapatkan hal serupa dari benih lenan atau minyak canola. Dan seperti biasanya: makanan asli lebih baik daripada suplemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *