Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Krilloil-Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

cara menurunkan koleseterol tinggi secara alami

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Mengonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara menurunkan kolesterol yang utama

JERUK
jeruk

1. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Dengan cara meminum air jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Kamu cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

2. Minum jus anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Kamu bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

Baca juga : Cara Menurunkan Trigliserida

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

ikan kaya omg

Omega-3 merupakan jenis lemak yang bagus untuk kesehatan hati dan bisa menurunkan kolesterol. Beberapa makanan sumber omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol antara lain ikan salmon, mackerel, herring dan tuna.

5. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh biasanya ditemukan di makanan seperti daging merah dan produk turunan susu. Makanan seperti ini bisa meningkatkan total kolesterol. Mengurangi konsumsi lemak jenuh bisa menurunkan level LDL di tubuh.

6. Olahraga

Olahraga yang rutin tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk menurunkan kolesterol. Olahraga ringan dengan durasi 30 menit yang dilakukan rutin selama 5 hari terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: 9 Cara Alami Menurunkan Kolesterol

7. Perhatikan Konsumsi Alkohol

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat lainnya adalah dengan memperhatikan konsumsi minuman beralkohol. Ketika dikonsumsi dalam batas wajar, ethanol yang ada di minuman beralkohol bisa meningkatkan level HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tapi jika mengonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan hati.

8. Turunkan Berat Badan

Diet untuk menurunkan berat badan bisa menurunkan bagaimana tubuh kalian menyerap dan memproduksi kolesterol. Menurunkan berat badan juga sekaligus menurunkan total kolesterol karena bisa mengurangi produksi kolesterol di hati.

9. Konsumsi Makanan Turunan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Studi menemukan bahwa mengonsumsi 25% protein dari kedelai dalam sehari bisa menurunkan level LDL 5-6%. Beberapa makanan dan minuman hasil olahan kedelai antara lain tahu, tempe dan susu kedelai.

 

Sumber :

  • https://www.liputan6com/news
  • https://health.detikcom/berita-detikhealth
  • https://www.popmamacom/life/health/fx-dimas-prasetyo/cara-alami-menurunkan-kolestrol-tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *