ciri-ciri kolesterol yang harus diketahui

ciri-ciri  kolesterol

Ciri-ciri kolesterol yang harus diketahui Meningkatnya kadar kolesterol menjadi satu hal yang harus diwaspadai, karena bisa memicu gangguan kesehatan. Pasalnya,  ciri-ciri kolesterol yang harus diketahui kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit yang berbahaya.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat di dalam darah. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan senyawa ini untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D. ciri2 kolesterol yang harus diketah Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati, sedangkan sebagian lainnya biasa didapat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Meski dibutuhkan, jumlah kolesterol yang ada di dalam darah seharusnya tetap dikontrol agar tidak terlalu tinggi. Pasalnya, kolesterol yang berlebihan akan tertimbun di sepanjang pembuluh darah arteri sebagai plak. Jika hal itu yang terjadi, aliran darah mungkin terhambat. Tingginya kadar kolesterol dalam darah alias hiperkolesterolemia terjadi saat tingkat kolesterol melampaui kadar normal.

Baca juga :

makanan pantangan kolesterol

 

ciri2 kolesterol yang harus diketah Kadar kolesterol normal sebenarnya berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Hal itu tergantung apakah orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Tapi umumnya, kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 miligram per desiliter. Kolesterol dikatakan tinggi jika angka hasil pemeriksaan darah menunjukkan 240 miligram per desiliter.

Lantas apa saja ciri-ciri naiknya kadar kolesterol yang perlu diketahui?

1. Nyeri Dada

Naiknya kadar kolesterol bisa menyebabkan gejala berupa rasa sakit alias nyeri dada di bagian depan. Biasanya, nyeri yang muncul sebagai tanda kolesterol naik juga terasa pada bagian lengan. Nyeri yang muncul biasanya akan terasa lebih menyiksa jika kolesterol naik berbarengan dengan perasaan tertekan atau stres berlebihan.

2. Sakit Kepala

lah satu gejala yang khas dan sering muncul sebagai tanda kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

3. Gangguan Pencernaan

Selain memicu rasa nyeri, kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. Itu bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan akibat kadar kolesterol naik. Tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, dan pada akhirnya menyebabkan munculnya batu empedu. Bahkan, ada 80 persen lebih kasus batu empedu yang terjadi karena kolesterol tinggi lihat selanjutnya di Krilloil.id

4. Rasa tidak nyaman di tengkuk

Adanya keluhan di area tengkuk kerap terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Kondisi ini diduga karena adanya gangguan aliran darah pada area otot leher.

5. Kesemutan

Jika tangan sering kebas atau kesemutan, Anda patut mencurigai kolesterol tinggi. Ini karena penelitian menyebutkan bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

Jagalah kolesterol tubuh dalam batas aman

Kolesterol tinggi biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor gaya hidup. Contohnya: sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol seperti daging merah, makanan laut, produk susu, serta jarang berolahraga. Karenanya, untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas aman, lakukanlah:

  • Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung
    Makanan yang sehat untuk jantung dan baik untuk kolesterol adalah makanan yang rendah lemak. Misalnya susu skim atau susu bebas lemak, buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan gandum. Ganti minyak untuk memasak dengan yang lebih sehat seperti minyak sayur.

Selain itu, kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans. Rekomendasi dari American Heart Association adalah dengan membatasi asupan lemak jenuh 5-6 persen dari kalori harian dan meminimalkan jumlah lemak trans. Kurangi dan batasi konsumsi daging merah, produk susu (full cream, keju, mentega, krim, dan yoghurt), gorengan, serta kudapan seperti kue dan biskuit.

Baca juga :

cara mengobati kolesterol

Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen dengan sumber alami omega-3 demi menunjang kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar trigliserida alias si lemak jahat dalam darah. Pilih suplemen omega-3 dengan EPA dan DHA, dengan dosis 250 mg sampai 500 mg EPA dan DHA dalam satu hari.

  • Turunkan berat badan
    Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas lebih mudah memiliki LDL tinggi dan HDL rendah. Tahukah Anda, menurunkan berat badan hanya sebanyak 10 persen sudah dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi.
  • Aktif bergerak
    Aktivitas fisik atau olahraga sangat penting untuk menjaga kolesterol tetap normal. Lakukanlah olahraga ritmis (misalnya bersepeda, joging, atau berenang) selama 30 menit, setidaknya sebanyak empat kali seminggu.
  • Berhenti merokokMerokok bisa turunkan kadar kolesterol baik. Kebiasaan ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner pada penderita kolesterol tinggi. Merokok juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Berhenti merokok dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga pembuluh darah tubuh.

 

Reprensi artikel :

https://www.tribunnews com/tribunners/2016/12/19/ciri-ciri-kolesterol-tinggi-dan-cara-mengatasinya

https://www.halodoc com/perlu-tahu-3-ciri-ciri-kolesterol-mulai-naik

https://www.klikdokter com/info-sehat/read/3622876/ciri-ciri-kolesterol-tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *