Ciri2 Kolesterol Naik yang Harus diwaspadai

ciri2 kolesterol naik

Ciri2 Kolesterol Naik yang Harus diwaspadai – Naiknya kadar kolesterol menjadi satu hal yang harus diwaspadai, karena bisa memicu gangguan kesehatan. Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit yang berbahaya.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat di dalam darah. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan senyawa ini untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati, sedangkan sebagian lainnya biasa didapat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Meski dibutuhkan, jumlah kolesterol yang ada di dalam darah seharusnya tetap dikontrol agar tidak terlalu tinggi. Pasalnya, kolesterol yang berlebihan akan tertimbun di sepanjang pembuluh darah arteri sebagai plak. Jika hal itu yang terjadi, aliran darah mungkin terhambat. Tingginya kadar kolesterol dalam darah alias hiperkolesterolemia terjadi saat tingkat kolesterol melampaui kadar normal.

Baca Juga : Pantangan Penderita Kolesterol

Kadar kolesterol normal sebenarnya berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Hal itu tergantung apakah orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Tapi umumnya, kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 miligram per desiliter. Kolesterol dikatakan tinggi jika angka hasil pemeriksaan darah menunjukkan 240 miligram per desiliter. Lantas apa saja ciri-ciri naiknya kadar kolesterol yang perlu diketahui?

1. Kepala sakit

Pusing dapat dialami oleh penderita kolesterol tinggi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah, terutama gejala muncul dengan keluhan sakit kepala di bagian belakang.

2. Rasa tidak nyaman di tengkuk

Adanya keluhan di area tengkuk kerap terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Kondisi ini diduga karena adanya gangguan aliran darah pada area otot leher.

3. Kesemutan

Jika tangan sering kebas atau kesemutan, Anda patut mencurigai kolesterol tinggi. Ini karena penelitian menyebutkan bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

4. Xanthelasma

Xanthelasma adalah penampakan kolesterol yang menumpuk di bawah jaringan kulit. Gejalanya adalah timbulnya benjolan kecil berwarna kuning muda di ujung kelopak mata. Benjolan kecil juga bisa muncul di bagian lipatan tubuh seperti siku, tumit, dan lutut.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

5. Nyeri dada

Nyeri dada dapat terjadi apabila peningkatan kolesterol telah menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung. Akibatnya, terjadi gangguan aliran darah menuju jantung, sehingga menimbulkan keluhan nyeri dada.

6. Perlemakan hati

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan perlemakan hati. Ini adalah suatu kondisi saat organ hati dipenuhi oleh lemak dengan keluhan rasa tidak nyaman di perut, kembung dan mual.

7. Kelelahan

Gejala kolesterol tinggi juga dapat ditandai dengan kelelahan yang berlebihan. Ketika kolesterol tinggi menyebabkan plak yang menghambat pembuluh darah, pasokan darah oksigen ke seluruh tubuh juga akan berkurang. Menurunnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh ini membuat organ dan jaringan tubuh bekerja lebih keras dari seharusnya sehingga menyebabkan Anda lebih mudah lelah.

8. Sesak Napas

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi, karena serangang jantung yang menandakan arteri koroner sering kali menyebabkan kondisi ini. Ketika aliran darah ke jantung berkurang, jantung tidak memompa darah dengan maksimal ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Hal ini lah yang membuat Anda menjadi kesulitan bernapas.

Baca Juga : Sayuran Penyebab Asam Urat

Mencegah Kolesterol Tinggi

Ciri2 Kolesterol Naik yang Harus diwaspadai – Agar terhindar dari berbagai dampak kolesterol tinggi yang bisa berbahaya, Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa langkah pencegahan berikut:

1. Mengatur pola makan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Mulailah dengan mengurangi jumlah konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, yang banyak terkandung pada makanan cepat saji.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak atau mengandung lemak sehat, seperti ikan, dada ayam yang di rebus atau di panggang, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak kolesterol di pembuluh darah. Oleh karena itu, hentikanlah kebiasaan merokok untuk menurunkan risiko menumpuknya plak akibat kolesterol tinggi.

Baca Juga : Asam Lambung Pada Anak

3. Berolahraga secara rutin

Selain melakukan kedua cara di atas, untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol dan membantu menurunkan kadar kolesterol Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Ciri2 kolesterol naik terkadang tidak bisa dirasakan secara langsung. Maka jika Anda memiliki faktor risiko seperti kebiasaan atau pola makan yang tidak sehat, merokok, obesitas, atau telah mengalami keluhan-keluhan yang dipaparkan di atas, lakukanlah pemeriksaan kesehatan ke dokter secara berkala. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kadar kolesterol dan mencegah timbulnya komplikasi akibat tingginya kadar kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *