Ciri2 Penyakit Kolesterol yang Harus Diwapadai

ciri2 penyakit kolesterol

Ciri2 Penyakit Kolesterol – Kolesterol adalah zat lunak yang terdapat pada lemak di dalam darah. Zat ini umumnya diproduksi oleh liver secara alami. Kolesterol tergolong penting untuk pembentukan membran sel, hormon-hormon tertentu, serta vitamin D. Karena kolesterol tidak dapat larut di dalam air, zat ini tidak bisa menyebar di dalam darah dengan sendirinya.

Untuk menyebarkan kolesterol di dalam darah, dibutuhkan bantuan lipoprotein. Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein. Lipoprotein membawa kolesterol dan lipid lainnya, trigliserida, menuju ke aliran darah.

Lipoprotein terbagi atas dua, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). Kolesterol LDL sering disebut kolesterol jahat karena kolesterol ini menyebarkan kolesterol ke seluruh tubuh. Sedangkan kolesterol HDL dianggap sebagai kolesterol baik karena membantu menghilangkan kadar kolesterol dari aliran darah.

Oleh sebab itu, kolesterol tinggi adalah kondisi di mana kadar kolesterol LDL atau HDL tergolong tinggi di dalam darah. Namun, keduanya memiliki dampak yang berbeda. Jika kadar kolesterol Anda tinggi karena jumlah LDL yang besar, Anda mungkin semakin berisiko mengalami penyakit jantung atau stroke.

Baca Juga : Cara Menurunkan LDL

Akan tetapi, jika kolesterol Anda tergolong tinggi karena kadar kolesterol HDL yang tinggi, Anda mungkin tidak sedang dalam kondisi yang berbahaya. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan cara menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sementara itu, kadar trigliserida di dalam darah juga harus diperhatikan. Pasalnya, seiring dengan kolesterol, trigliserida juga dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda. Jika kadar kalori dari makanan kaya karbohidrat di dalam tubuh Anda lebih banyak daripada yang berhasil Anda bakar, kadar trigliserida di dalam darah mungkin meningkat

Ciri2 Penyakit Kolesterol

Ciri2 Penyakit Kolesterol – Jika Anda tidak mau berisiko mengalami berbagai penyakit karena kolesterol, maka artinya Anda harus mewaspadai ciri ciri kolesterol tinggi sejak dini. Dan berikut adalah ciri-ciri jika Anda terkena penyakit kolesterol tinggi :

  1. Kesemutan

    Biasanya kesemutan terjadi karena duduk terlalu lama karena posisi yang tidak berubah, sering merasa kesemutan merupakan salah satu ciri dari penyakit kolesterol tinggi, maka dari itu apabila anda mengalmai sering kesemutan maka anda harus segera melakukan pemeriksaan.

    Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

  2. Sering mual dan muntah

    Mual dan muntah ini terjadi karena saluran pencernaan mengalami gangguan, penyakit kolesterol tinggilah yang menyebabkan terjadinya gangguan pada saluran pencernaan, biasanya dampak yang akan ditimbulkan adalah seringnya mual dan muntah.

  3. Hilangnya keseimbangan

    Biasanya orang yang menderita kolesterol tinggi akan mengalami rasa tidak nyaman, kondisi tersebut biasanya mengakibatkan hilangnya keseimbangan, apabila kondisi ini terjadi biasanya otot otot akan menjadi lemah.

  4. Mengalami nyeri leher dan punggung

    Orang yang menderita kolesterol tinggi juga biasanya akan mengalami nyeri pada area leher dan punggung, kondisi ini disebabkan oleh munculnya tekanan darah tinggi yang muncul secara bersamaan.

  5. Tubuh yang sangat lelah

    Biasanya orang yang menderita penyakit kolesterol tinggi akan mengalami kekurangan pasokan aliran darah dan juga kekurangan oksigen, kondisi seperti ini bisa menimbulkan dampak tubuh akan menjadi lemah.

    Baca Juga : Tanda Tanda Sakit Maag

  6. Mengalami sakit kaki dan tangan

    Selain akan mengalami nyeri leher dan punggung, orang yang mengalami kolesterol tinggi juga akan mengalami rasa sakit pada kaki dan tangan, apabila anda mengalami kondisi seperti ini segera lakukan pemeriksaan.

  7. Emosi yang tidak stabil

    Ciri yang satu ini mungkin masih jarang diketahui oleh orang kebanyakan, perlu anda ketahui orang yang mengalami kolesterol tinggi biasanya akan mengalami perbuahan emosi, seperti mudah sekali untuk marah padahal penyebabnya adalah hal yang sepele.

  8. Wajah merah

    Pada kasus yang serius terutama orang yang menderita penyakit hipertensi, biasanya akan berdampak pada membesarnya pembuluh darah, yang mana kondisi tersebut bisa menyebabkan wajah orang yang mengalaminya akan menjadi merah.

  9. Sakit kepala

    Meraskan sakit kepala ini biasanya lebih sering terjadi pada orang yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi yang mana kondisi tekanan darahnya sudah sangat tinggi, maka dari itu apabila anda mengalami kondisi seperti ini kemungkinan besar anda mengalami kolesterol tinggi.

  10. Otot kaki lemah

    Mengalami lemah pada otot kaki juga merupakan salah satu ciri dari penyakit kolesterol tinggi, kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena kurangnya pasokan darah ke otot kaki sehingga mengakibatkan otot kaki menjadi lemah.

    Baca Juga : Makanan yang Tidak Boleh Untuk Asam Urat

  11. Sulit bernafas

    Pada umumnya mengalami kesulitan untuk bernafas merupakan salah satu ciri umum penyakit asma, namun mengalami kesulitan bernafas merupakan salah satu ciri dari penyakit kolesterol tinggi yang harus anda waspadai.

  12. Nyeri dada

    Ciri ciri terakhir orang yang mengalami penyakit kolesterol tinggi adalah sering mengalami nyeri pada ada, nah apabila anda mengalami kondisi seperti ini segera lakukan pemeriksaan agar tingkat kadar kolesterol tidak menjadi tambah tinggi.

itulah ciri-ciri kolesterol yang patut di waspadai , jika anda mengalami ciri-ciri diatas segera konsultasikan kepada dokter agar tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *