Kolesterol Normal Pria inilah Kadar Normalnya

Kolesterol Normal Pria – Mungkin Anda mengira bahwa kolesterol adalah hal yang benar-benar harus dihindari. Padahal, tidak semua kolesterol dalam tubuh bersifat jahat karena tubuh juga membutuhkan kolesterol baik untuk melaksanakan fungsinya. Selama Anda mempertahankan kadar kolesterol normal, tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah kesehatan.

kolesterol normal pria

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi kolesterol baik dan kolesterol jahat. Keduanya harus berada dalam jumlah yang seimbang agar Anda dikatakan sehat. Terlalu tinggi kadar kolesterol jahat dalam darah atau terlalu rendah kadar kolesterol baik dalam darah tentu dapat berakibat buruk bagi kesehatan karena hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke.

Baca Juga : Cara Menurunkan Trigliserida

Jenis-Jenis Kolesterol

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik

Jumlah kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) yang tinggi dalam darah merupakan hal yang baik untuk kesehatan Anda. Kolesterol HDL dapat melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung karena tipe kolesterol ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah Anda.

Kolesterol HDL akan mengambil kelebihan kolesterol jahat yang ada dalam aliran darah, lalu membawanya ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. Dengan kata lain, kolesterol HDL membantu tubuh Anda menjaga kadar kolesterol total agar tetap normal. Inilah sebabnya kadar kolesterol HDL yang tinggi dalam aliran darah dapat membuat Anda terhindar dari penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dapat menimbulkan masalah pada sistem peredaran darah. Semakin tinggi kadarnya dalam darah, semakin meningkat pula risiko Anda terkena penyakit jantung. Jika jumlahnya terlalu banyak, kolesterol ini dapat menyumbat pembuluh darah sehingga mengurangi pasokan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Kolesterol LDL juga dapat menyebabkan penggumpalan darah yang dapat memicu serangan jantung sewaktu-waktu. Anda dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah dengan cara memperbaiki kebiasaan makan Anda, melakukan olahraga teratur, atau mengonsumsi obat penurun kolesterol jika perlu.

Baca Juga : Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

Kolesterol Normal Pria

Berbeda dengan wanita, pada pria biasanya angka kolesterol bisa saja tinggi pada usia muda. Secara umum, jumlah kolesterol total yang disarankan adalah tidak lebih dari 200 ml/dL. Dengan jumlah kolesterol jahat tidak lebih dari 120 mg/dL – 130 mg/dL.

Pria harus mewaspadai jika pemeriksaan menunjukkan jumlah LDL yang ada dalam tubuh sudah lebih dari 120 mg/dL, atau jika jumlah kolesterol total sudah lebih dari 200 mg/dL. Sebab, kadar kolesterol total darah terkait dengan risiko penyakit jantung pada pria usia muda.

Selain itu, seiring berjalannya waktu, risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung mungkin akan semakin mengintai pria. Pada pria yang sudah berusia 45 tahun atau lebih, biasanya risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung akan semakin meningkat. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol naik, di antaranya:

1. Olahraga

Pada pria, rutin berolahraga bisa menjadi satu cara terbaik untuk mencegah naiknya kadar kolesterol. Sebab, orang-orang yang jarang bergerak atau berolahraga cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit jantung. Selain itu, rutin berolahraga ternyata juga bisa membantu meningkatkan jumlah kolesterol “baik”. Maka, rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari merupakan salah satu cara termudah untuk menghindari penyakit akibat kolesterol tinggi.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

2. Cegah Obesitas

Tak hanya untuk menjaga penampilan, berat badan yang ideal pun dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Apalagi, kelebihan berat badan ternyata memiliki kontribusi terhadap meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

Jika kamu memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. Mulailah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat, serta perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Jangan lupa juga untuk melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dengan porsi secukupnya.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga sebaiknya ditinggalkan jika ingin hidup lebih sehat. Pasalnya, kebiasaan ini sangat berperan dalam meningkatkan risiko penyakit jantung menyerang. Daripada merokok, cobalah untuk mengunyah permen karet rasa mint setelah makan atau saat mulut terasa hambar.

 

Sumber :

  • hellosehat,com
  • www,halodoc,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *