Kolesterol yang Normal Begini Menjaganya

kolesterol yang normal

Kolesterol yang Normal – Kolesterol adalah zat lilin yang berasal dari tubuh Anda dan dari makanan yang Anda makan. Tubuh, terutama hati, memproduksi kolesterol yang Anda butuhkan dan kemudian melepasnya ke dalam aliran darah. Hati akan memproduksi lebih banyak kolesterol saat Anda banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Mungkin Anda mengira bahwa kolesterol adalah hal yang benar-benar harus dihindari. Padahal, tidak semua kolesterol dalam tubuh bersifat jahat karena tubuh juga membutuhkan kolesterol baik untuk melaksanakan fungsinya. Selama Anda mempertahankan kadar kolesterol normal, tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah kesehatan.

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi kolesterol baik dan kolesterol jahat. Keduanya harus berada dalam jumlah yang seimbang agar Anda dikatakan sehat. Terlalu tinggi kadar kolesterol jahat dalam darah atau terlalu rendah kadar kolesterol baik dalam darah tentu dapat berakibat buruk bagi kesehatan karena hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke.

Terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah Anda dapat mengakibatkan pembentukan plak, yang nantinya dapat menghambat sirkulasi darah Anda. Jika penyumbatan aliran darah terjadi pada aliran darah menuju otak, maka hal ini dapat menyebabkan stroke. Jika penyumbatan aliran darah terjadi di jantung, maka inilah yang menyebabkan serangan jantung.

Baca Juga : Tanaman Herbal Untuk Kolesterol

Menjaga Kolesterol Normal

Kadar kolesterol yang tidak terkontrol adalah pemicu utama penyakit jantung dan peredaran darah. Karena itu, penting bagi Anda untuk memantau dan menjaga kolesterol normal. Tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kadar normal kolesterol dalam darah:

1. Minum obat sesuai saran dokter

Jangan pusing sendiri harus memilih obat atau suplemen herbal yang bisa menurunkan kolesterol. Cara paling mudah untuk memastikan obat apa yang paling cocok buat Anda dan apakah perlu minum suplemen herbal yaitu dengan langsung konsultasi ke dokter.

Obat dan saran yang diberikan oleh dokter sudah teruji klinis dan sesuai kondisi Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencoba-coba obat atau suplemen yang belum terbukti khasiatnya.

Minumlah obat kolesterol sesuai saran dan dosis yang diberikan. Jangan menghentikan penggunaan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. Bila ada sesuatu yang belum Anda pahami mengenai obat kolesterol, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

2. Kurangi makanan tinggi lemak trans

Lemak trans meningkatkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik dalam darah. Akibatnya, kolesterol menumpuk pada pembuluh darah dan membentuk plak. Aliran darah menuju jantung pun terhambat sehingga Anda berisiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga gagal jantung.

Guna menjaga kolesterol tetap normal, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak trans seperti:

  • Gorengan
  • Junk food
  • Kue-kue manis, es krim, dan camilan kemasan
  • Mentega

Namun, jangan terlalu memusingkan makanan apa yang harus dipantang dan dikurangi. Lebih baik fokus pada alternatif makanan sehat yang bisa Anda santap. Misalnya buah-buahan, kacang rebus, atau yogurt.

Baca Juga : Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

3. Olahraga rutin untuk menjaga berat badan

Jangan langsung stres ketika dokter menyarankan Anda menurunkan berat badan. Anda tidak perlu diet mati-matian sampai menahan lapar seharian, kok. Mulai saja dulu dengan olahraga rutin.

Olahraga rutin tidak hanya menjadikan tubuh semakin bugar, tapi juga menjaga kolesterol tetap normal. Sebagai awalan, cobalah olahraga aerobik seperti jogging atau bersepeda minimal selama 30 menit. Lakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas fisik setiap ada kesempatan. Misalnya, berjalan kaki saat jam makan siang, bersepeda ke tempat-tempat yang sering dikunjungi, atau ikut serta dalam kegiatan olahraga bersama teman.

4. Jadwalkan medical check-up dengan dokter

Melalui medical check-up, Anda dapat menjalani pemeriksaan kolesterol untuk menjaga nilainya tetap normal. Selain itu, medical check-up juga penting bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi guna memantau adanya risiko penyakit jantung, stroke, aterosklerosis, diabetes, dan penyakit kronis lainnya yang berkaitan dengan kondisi pembuluh darah.

Seberapa sering Anda perlu melakukan medical check-up akan berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi masing-masing. Maka, sebaiknya tanyakan pada dokter kapan Anda harus kembali lagi untuk periksa.

Baca Juga : Diet untuk Penderita Asam Lambung

5. Konsumsi minuman mengandung susu yang diperkaya inulin dan beta-glukan

Inulin adalah jenis serat yang banyak terdapat pada sayuran dan bahan nabati, sedangkan beta-glukan dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum. Kedua serat pangan ini dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kadarnya tetap normal.

Selain dari bahan alami, Anda juga bisa memperoleh asupan inulin dan beta-glukan melalui konsumsi minuman mengandung susu yang diperkaya kedua kandungan ini. Konsumsi secara rutin akan menurunkan kolesterol LDL sehingga plak kolesterol tidak terbentuk pada pembuluh darah.

Menjaga kolesterol tetap normal bisa dimulai dari langkah-langkah yang sederhana. Kuncinya adalah perbaikan gaya hidup, pola makan sehat, dan pemantauan kolesterol secara rutin. Lengkapi dengan konsumsi produk yang diperkaya nutrisi bermanfaat agar hasilnya semakin optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *