Makanan Anti Kolesterol yang Mudah Ditemui

makanan anti kolesterol

Makanan Anti Kolesterol – Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Baca Juga : Cara Mengobati Kolesterol Tinggi

Gejala Kolesterol

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Akibatnya, banyak orang tidak sadar memiliki kadar kolesterol tinggi, sampai muncul komplikasi serius seperti penyakit jantung atau stroke. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan tes darah untuk mengetahui normal atau tingginya kolesterol.

Untuk orang dewasa, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol tiap 4-6 tahun sekali, mulai usia 20 tahun.

Walaupun jarang mengalami kolesterol tinggi, pemeriksaan kolesterol pada anak-anak juga disarankan pada saat anak berusia 9-11 tahun, dan diulangi pada saat berusia 17-21. Pada anak-anak dari keluarga penderita diabetes dan kolesterol tinggi, pemeriksaan kolesterol disarankan pada saat anak berusia 2-8 tahun dan diulangi pada usia 12-16 tahun.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Makanan Anti Kolesterol

Ada beberapa makanan anti kolesterol, dan dapat dengan mudah kita temukan.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan padat nutrisi, juga mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Kacang merah, kacang tanah, kenari, dan almond, dapat membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang sehari, dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sebanyak 5%. Ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi jika ingin menurunkan kolesterol.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti makarel, tuna, dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL, dan menjaga kesehatan jantung. Cara paling sehat untuk mengolah ikan yaitu dengan mengukus atau merebusnya. Mengonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga : Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

3. Olahan kedelai

Makanan olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, dan lainnya, bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, beberapa studi menunjukkan, mengonsumsi olahan kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Mengonsumsi 25 gram kedelai (setara dengan 10 ons tahu atau setengah cangkir susu kedelai) dalam sehari, mampu menurunkan kolesterol jahat sebesar 5-6%. Ini merupakan cara ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

4. Oat

Oatmeal merupakan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Kita dapat mengonsumsi sereal ini setiap kali sarapan. Kandungan beta-klugan, sejenis serat larut yang ada dalam oatmeal, efektif menurunkan kolesterol. Dengan mengonsumsi oatmeal, maka kolesterol total bisa turun sebesar 5%. Sementara itu, kolesterol jahat bisa turun sebesar 7%. Selain enak, mengonsumsi sereal ini juga dapat dengan mudah dilakukan.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber kaya asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kita dapat mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 60 ml dalam sehari. Selain itu, kita juga dapat mencampurkan buah zaitun pada salad.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung

6. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat, dan bahan untuk memasak selama berabad-abad. Bawang putih mengandung berbagai senyawa tanaman kuat, seperti allicin, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kita dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini. Baca juga: Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?

7. Sayur dan buah

Sayuran merupakan makanan yang kaya serat, dan antioksidan. Beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan terong, mengandung pektin atau serat larut, yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain sayur, buah juga kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kolesterol bahkan hingga 10%. Kita dapat mengonsumsi buah alpukat, jeruk, apel, stroberi, dan anggur untuk menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *