Makanan Mengurangi Kolesterol

Makanan Mengurangi Kolesterol – Kolesterol ada di tubuh setiap manusia. Kolesterol sendiri terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

makanan mengurangi kolesterol

Seiring dengan gaya hidup orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh Anda, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Contoh makanan berlemak adalah; gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Asam Urat dan Kolesterol

Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Makanan Mengurangi Kolesterol – Makanan-makanan berikut bisa membantu Anda untuk menurunkan atau bahkan menormalkan tingkat kolesterol dalam tubuh setelah makan daging terlalu banyak.

1. Kentang

Kentang panggang mengandung potasium sehat yang lebih baik daripada pisang. Mendapatkan jumlah nutrisi penting yang cukup ini bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Tomat

Sumber potasium lainnya adalah tomat. Selain potasium, tomat juga mengandung vitamin A dan C, lycopene yang bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

3. Tuna

Konsumsi tuna segar atau kalengan setidaknya dua kali seminggu bisa membantu menurunkan laju peningkatan plak. Asam lemak omega-3 dalam ikan juga bisa membantu menurunkan level trigliserida yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

4. Apel

Mengutip Good House Keeping, sebutir apel sehari bisa membantu menjauhkan Anda dari kardiologis. Studi membuktikan bahwa konsumsi apel akan membantu menurunkan total kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan phenolic yang ada di kulit apel.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

5. Oat

Oat mengandung serat yang disebut beta glucan. Serat ini akan membantu menurunkan tingkat LDL. Makanan ini juga akan menyerap air dari tingkat indeks glikemik dan mengeluarkan sisa lemak jenuh sebelum masuk ke dalam aliran darah. Jika ingin lebih efektif, campur oat dengan pisang dan chia seed agar menjadi makanan penurun kolesterol yang ampuh.

6. Alpukat

Buah ini kaya dengan lemak jenuh dan serat yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

7. Salmon

Ikan ini adalah salah satu sumber omega-3 yang tinggi. Selain menurunkan kolesterol, salmon juga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi inflamasi dan mengandung trigliserida.

8. Bayam

Sayuran kesukaan Popeye ini ternyata tak cuma membuat dia kuat. Namun menambahkan sayuran hijau termasuk bayam akan membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang akan membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

9. Terong

Siapa sangka ternyata terong juga bisa membantu untuk menurunkan tingkat stres. Ini termasuk proses yang bisa meningkatkan kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan pembentukan plak. Mengutip Harvard, selain terong, okra juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan asupan serat.

Baca Juga : Pantangan Makanan Kolesterol

10. Pisang

Pisang kan membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaan Anda. Dengan demikian kolesterol tak akan masuk ke dalam aliran darah dan menyumbat arteri Anda. Pisang diklaim efektif untuk menjadi makanan penurun kolesterol.

Tips Menurunkan Kolesterol

Makanan Mengurangi Kolesterol – Selain mengonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehari-hari:

1. Menjaga pola makan secara keseluruhan

Tak hanya memperbanyak asupan makanan yang tinggi fitosterol, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk menerapkan pola makan yang sehat. Sebagai contoh, kita sebaiknya mulai menurunkan asupan gorengan dan tidak mengonsumsi makanan berlemak dengan berlebihan. Jika ingin kolesterol turun, maka kita sebaiknya tidak mengonsumsi nasi dengan makanan bersantan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, cobalah untuk menurunkan porsi nasi namun memperbanyak porsi sayuran sehingga membuat rasa kenyang bisa berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jahe

2. Jangan sembarangan menerapkan diet

Selain menerapkan pola makan yang sehat, pakar kesehatan menyarankan penderita kolesterol tinggi untuk tidak sembarangan menerapkan diet. Salah satu jenis diet yang sangat tidak disarankan untuk dilakukan adalah diet ketogenik. Diet ini justru dilakukan dengan cara hanya mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi dan tidak mengonsumsi makanan berkarbohidrat.

Penderita kolesterol tinggi harus menghindari makanan berlemak, apalagi yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi karena bisa membuat kadar kolesterol jahat di dalam tubuhnya meningkat. Hal ini tentu akan membuat risiko terkena penyakit kardiovaskular yang mematikan akan naik.

Sementara itu, alih-alih menerapkan diet keto, penderita kolesterol tinggi justru lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat yang mampu membantu proses penurunan kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Mereka juga diminta untuk menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Baca Juga : Tanda Tanda Asam Urat Tinggi

3. Rajin berolahraga

Cara turunkan kolestrol dengan cepat lainnya adalah dengan rajin berolahraga. Rutin melakukannya setidaknya 30 menit setiap hari akan melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara signifikan.

Nah, itulah makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bisa sudah rutin mengonsumsi salah satu atau beberapa makanan di atas, namun kadar kelesterol tidak segera turun, konsultasikan dengen dokter ya, Teman Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *