Makanan Pemicu Kolesterol

makanan pemicu kolesterol

Makanan Pemicu Kolesterol – Sudah bukan rahasia lagi kalau tingginya kolesterol merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung. Oleh sebab itu, agar jantung tetap sehat, kita perlu bijak saat mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi.

Untungnya, dalam rangka menurunkan kolesterol secara alami, Anda tidak perlu sampai menghindari makanan pemicunya sama sekali. Faktanya, beberapa makanan yang mengandung kolesterol tetap bisa dikonsumsi setiap hari.

Anda hanya perlu lebih memilah-milah kualitasnya saja. Untuk telur dan daging-dagingan misalnya, pilihlah yang organik ketimbang yang tidak jelas asal-usulnya. Penyajian tentang bagaimana makanan itu diolah, seperti dikukus, jenis minyak goreng yang dipakai, dan sebagainya, juga turut mempengaruhi kesehatan.

Kunci lainnya juga terletak pada cara konsumsinya yang harus dilakukan tanpa berlebihan. Dan usahakan untuk mengombinasikannya dengan sumber makanan sehat lainnya.

Baca Juga : Penurun Kolesterol Alami

Makanan Pemicu Kolesterol yang Boleh Dikonsumsi Namun Harus Dibatasi :

Makanan Pemicu Kolesterol – Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga bisa ditemukan di dalam makanan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab kolesterol yang perlu dibatasi konsumsinya:

1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang paling sering dijumpai dalam masakan Indonesia maupun internasional. Jadi akan sangat disayangkan kalau Anda sampai menghindari konsumsinya sama sekali.

Sebuah penghiburan datang dari hasil studi yang dimuat Journal of Nutrition tahun 2008. Riset menunjukkan bahwa dampak telur terhadap LDL ternyata hanya sedikit saja. Mengonsumsi telur yang disinyalir sebagai makanan penyebab kolesterol ini malah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Oleh sebab itu, mulai saat ini konsumsilah telur tanpa rasa khawatir, namun dalam jumlah sewajarnya. Dan kalau pagi tadi Anda sudah mengonsumsi sebutir telur untuk sarapan, maka jangan makan cheeseburger saat siangnya.

2. Daging-dagingan

Supaya kadar kolesterol tetap aman, Anda disarankan mencari tahu apa yang menjadi pakan utama dari ternak tersebut. Sebagai contoh daging sapi misalnya, pilihlah sapi yang menggunakan rumput sebagai pakan utamanya.

Untuk daging, unggas, dan ikan, batasi konsumsinya hanya 2 porsi (140 gr) per hari. Dan pilihlah yang bebas lemak dan tanpa kulit, khususnya untuk ayam.

3. Coklat hitam

Kandungan flavonoid dalam coklat hitam mampu menyehatkan jantung dan mengurangi kadar kolesterol. Antioksidan ini juga berperan penting untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

4.  Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti hamburger dan pizza, mengandung 85-180 mg kolesterol dalam satu porsinya. Belum lagi jika ditambah minuman soda dan kentang goreng yang biasa dikonsumsi bersamaan.

Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah kolesterol tinggi.

5. Es krim

Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik Anda menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah juga merupakan makanan yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Steak

Steak daging sapi adalah salah satu makanan yang banyak mengandung kolesterol. Meski tinggi kolesterol dan lemak jenuh, bukan berarti Anda tidak dapat mengonsumsi steak daging sapi sama sekali.

Jika ingin makan steak, pilihlah daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah, seperti bagian perut sapi (beef flank). Dalam sepotong daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 300 mg kolesterol. Anda juga bisa mengganti daging sapi dengan daging domba dengan kandungan kolesterol lebih rendah, yaitu sekitar 100 – 150 mg.

Baca Juga : Penyebab Asam Urat Tinggi

7. Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut, seperti lobster, merupakan makanan penyebab kolesterol tinggi. Dalam setiap 100 gr lobster terkandung sekitar 70 mg kolesterol. Untuk mengurangi asupan kolesterol, pilihlah hidangan laut lain, seperti ikan, dan sebaikya olah makanan laut tersebut dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng.

8. Jeroan

Jeroan atau bagian isi perut dan organ hewan, seperti usus, babat, atau otak, mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian dagingnya. Bagian tersebut juga mengandung banyak asam urat. Karena itu, sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan, terutama bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

9. Daging bebek

Daging bebek adalah salah satu makanan dengan kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan daging ayam. Dalam 100 gr daging bebek, setidaknya mengandung kolesterol sebanyak 80 mg. Sementara, daging ayam dengan porsi yang sama hanya mengandung sekitar 60 mg kolesterol saja. Anda dianjurkan untuk membuang bagian kulit saat mengolah daging bebek guna mengurangi kadar kolesterolnya.

Baca Juga : Cara Alami Mengobati Asam Lambung

10. Keju dan susu

Keju dan susu merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Anda masih bisa mengonsumsi susu dan keju jika memiliki kolesterol tinggi, namun sebaiknya pilih keju dan susu yang rendah lemak.

 

Sumber :

  • www,alodokter,com
  • www,honestdocs,id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *