Makanan Pencegah Kolesterol

Makanan Pencegah Kolesterol – Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

makanan pencegah kolesterol

Makanan Pencegah Kolesterol Naik

1. Perbanyak makan sayuran (brokoli, tomat, kembang kol, wortel dan sayuran hijau). Selain mengandung lutein, sayuran hijau juga mengandung serat tidak larut yang dapat menurunkan kolesterol.

2. Pilih buah-buahan (stroberi, apel, jeruk, belimbing, anggur dan alpukat) karena mengandung serat larut (mudah larut dalam air) dan mudah dicerna. Serat dalam usus halus membentuk gel yang mengikat lemak kolesterol dan asam empedu. Akibatnya, asam empedu di dalam hati berkurang. Saat ingin memproduksi kembali, hati akan menarik kolesterol dari darah sehingga kolesterol darah menurun.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

3. Perbanyak makan ikan laut yang hidup di kedalaman lebih dari 400 meter, seperti ikan tuna, tenggiri, bawal dan kembung. Ikan jenis ini banyak mengandung asam lemak tak jenuh Omega-3 yang bisa menurunkan kolesterol. Namun perhatikan cara mengolahnya. Kandungan Omega-3 cepat hilang saat diolah pada suhu tinggi misalnya, digoreng. Cara penyajian yang tepat adalah direbus atau tim.

4. Pilih teh hijau, karena memiliki bahan aktif katekin yang mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

5. Bawang putih banyak mengandung allicin yang berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal senyawa radikal bebas sehingga dapat melindungi kerusakan membran sel dan dinding pembuluh darah.

6. Gandum atau oatmeal adalah bahan makanan kaya serat larut dan dipercaya dapat menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan.

7. Kacang-kacangan (buncis, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau dan kacang panjang) adalah sumber serat larut yang mampu mengurangi kadar kolesterol. Kacang kedelai, mengandung glisin dan argimin yang mengontrol kolesterol.

8. Walnut dan almond. Berbagai studi menunjukkan, walnut dapat menurunkan kolesterol karena banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda sehingga membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis

Baca Juga : Cara Meredakan Sakit Maag

Penurun Kolesterol

Makanan Pencegah Kolesterol – Bukan daging kambing yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi, tapi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, agar Ibu dan keluarga bisa menyantap daging kambing tanpa khawatir di Idul Adha nanti, ini beberapa kiat agar kolesterol turun secara alami.

1. Mengkonsumsi tomat

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah dengan buah tomat. Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Likopen juga dapat ditemui di buah jambu, pepaya dan semangka.

2. Mengkonsumsi alpukat

Tidak hanya nikmat sebagai hidangan sehari-hari, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol. Kandungan dalam alpukat tersebut bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain yang sesuai selera Ibu dan keluarga.

3. Makan Jeruk

Jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sebagai antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi sebanyak 3 gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL hingga 21 mg dalam waktu 1 bulan.

Baca Juga : Tanda Tanda Uric Acid Tinggi

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah nutrisi yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Coba konsumsi sekitar 2 sendok makan (23 gram) olive oil setiap hari. Ibu bisa mencampurkan ke dalam sayuran atau menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan, misalnya roti. Tapi ingat, minyak zaitun tinggi kalori, jadi jangan makan lebih dari jumlah yang disarankan.

5. Perbanyak konsumsi sayuran

Cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Sayuran memiliki kandungan serat dan juga antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran berupa betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E. Antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, sayuran juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

6. Kacang almond

Almond adalah kacang yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Pertama, almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik sambil menurunkan LDL (kolesterol jahat). Kedua, lemak yang terkandung dalam almond membantu membuat kolesterol LDL terurai. Almond juga mengandung vitamin E dan kalsium. Sejumlah penelitian melaporkan terjadi penurunan 10% kolesterol buruk (LDL) untuk penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan mereka yang tidak. Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk mencapai penurunan 10% kolesterol LDL Ibu diwajibkan makan di sekitar 73 gram almond per hari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *