Makanan Penurun Asam Urat dan Kolesterol

makanan penurun asam urat dan kolesterol

Makanan Penurun Asam Urat dan Kolesterol –  Kolesterol adalah salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol dibiarkan maka akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain.

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk dapat menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan tidak menganggu kesehatan kita. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia, beranggapan bahwa penyakit kolesterol akan lebih banyak diderita oleh orang yang sudah tua dan kebanyakan hanya dialami yang berjenis kelamin pria. Tetapi hal ini sebenarnya salah, karena hampir setiap orang dari berbagai umur bisa terkena koletserol.

Sekarang ini juga banyak wanita yang masih muda terkena kolesterol. Mereka biasanya merasakan pegal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuhnya dan kemudian tidak menyadari bahwa mereka terkena kolesterol. Tetapi setelah diperiksa dan dicek lebih mendalam, kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Ketika Anda sedang mengalami hal tersebut maka sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Usahakan menggunakan berbagai makanan yang menyehatkan terlebih dahulu dibandingkan harus mengkonsumsi obat. Jika Anda tergantung pada obat maka hal ini juga kurang baik untuk kesehatan Anda.

Baca Juga : Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol

Penurun Kolesterol dan Asam Urat Alami

Berikut ini daftar penurun kolesterol dan asam urat alami :

1. Oats

oats

Langkah mudah memulai asupan makanan penurun kolesterol dan asam urat adalah mulai dari asupan sarapan pagi Anda. Siapkan semangkuk oatmeal atau cereal saat sarapan akan membantu Anda memenuhi asupan 1-2gram serat yang mudah larut dalam tubuh. Anda bisa menambahkan pisang atau stroberi. Jumlah anjuran asupan serat dalam sehari adalah sekitar 20-35gram. Dari jumlah itu setidaknya Anda harus mengonsumsi 5-10gram serat yang mudah larut dalam tubuh.

2. Barley atau Gandum Murni Lainnya

Barley

Kegunaan makanan penurun kolesterol dan asam urat satu ini sama dengan manfaat oats. Makanan ini akan membantu Anda menurunkan risiko dari gangguan kesehatan pada jantung dan juga sebagai eumber asupan serat yang mudah larut dalam tubuh.

3. Beans

Beans

Makanan penurun kolesterol dan asam urat satu ini kaya akan serat yang mudah larut dalam tubuh juga. Beans juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna tubuh, jadi Anda akan merasa kenyang lebih lama. Makanya, beans ini sangat favorit untuk mereka yang mencoba program mengurangi berat badan.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

4. Terong dan Okra

terong

Dua makanan penurun kolesterol dan asam urat ini adalah sayuran yang rendah kalori dan sumber makanan yang kaya akan serat yang mudah larut dalam tubuh.

5. Kacang-Kacangan

kacang-kacangan

Banyak sekali pilihan kacang-kacangan yang bisa Anda jadikan makanan penurun kolesterol dan asam urat. Misalkan saja almond, walnut, peanut, yang sangat baik untuk jantung. Dengan mengonsumsi sekitar 2ons dalam sehari, tingkat LDL akan menurun sebesar 5 persen. Kacang-kacangan ini juga memiliki nutrisi yang sangat baik untuk melindungi jantung Anda.

6. Vegetable Oils

Vegetable Oils

Dibanding memakai minyak untuk memasak, Anda bisa memakai vegetable oils seperti canola dan sunflower saat memasak. Pilihan ini akan membantu Anda menurunkan LDL.

Baca Juga : Ciri Ciri Asam Urat Tinggi

7. Buah-Buahan

Buah-Buahan

Pilihan tepat untuk Anda adalah mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan pektin (pectin), yaitu salah satu tipe serat yang mudah sekali larut dalam tubuh, untuk menurunkan LDL. Konsumsi buah-buahan seperti apel, anggur, stroberi, dan citrus.

8. Kedelai

Kacang kedelai

Mengonsumsi kedelai langsung atau apa saja yang terbuat dari kedelai seperti tempe, tahu, atau susu kedelai, bisa jadi salah satu pilihan penurun kolesterol dan asam urat alami. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kedelai sekitar 25gram sehari terbukti menurunkan LDL hingga 5-6 persen.

9. Teh Hijau

Teh hijau

Salah satu cara lainnya untuk mengatasi asam urat adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Bila secara rutin Anda mengonsumsi teh hijau setiap harinya, maka akan membantu mengontrol hyperuricemia atau tingkat asam urat yang tinggi, sekaligus menurunkan risiko timbulnya encok.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Asam Lambung

10. Omega-3

krilloil

Memenuhi kebutuhan Omega-3 untuk tubuh Anda juga perlu dari berbagai makanan penurun kolesterol dan asam urat. Makanan yang kaya akan Omega-3 bisa Anda dapatkan dari flax-seeds, salmon, sarden, atau walnuts. Dari makanan itu semua, Anda bisa melawan pembengkakan dan peradangan dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *