makanan penurun darah tinggi dan kolesterol

KrilOil.idmakanan penurun darah tinggi dan kolesterol,Untuk menurunkan tekanan darah tinggi demi menghindari risiko fatal seperti serangan jantung, ada baiknya Anda mengetahui makanan penurun darah tinggi mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Karena pada dasarnya, tekanan darah yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa makanan tertentu.

makanan penurun darah tinggi dan kolesterol

Makanan penurun darah tinggi yang wajib dikonsumsi

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah (arteri). Tekanan darah tinggi juga kondisi yang menggambarkan di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter raksa (mmHG).

Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh saat berkontraksi. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, minum obat saja tidak cukup untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Beberapa orang terdekat Anda mungkin merekomendasikan beberapa jenis makanan penurun darah tinggi. Namun, apakah salah satu dari makanan penurun darah tinggi sudah Anda konsumsi?

Untuk mengetahuinya, silakan cek lebih lanjut mengenai apa saja makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi sehari-hari berikut ini:

1. Pisang

pisang

Mungkin Anda kaget mendengarnya. Ya, buah pisang selain murah meriah, juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. Buah yang mudah ditemukan ini ternyata dapat membantu Anda para penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Mengapa?

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt. Lebih enak bukan?

2. Sayuran hijau

sayurannhijau

Selain pisang, sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijau, sawi, dan lainnya juga mengandung kalium tinggi. Terlebih lagi, sayuran hijau juga mengandung kalsium yang juga berguna sebagai makanan penurun darah tinggi. Setengah cangkir bayam matang mampu memberikan 12% dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya sebagai makanan penurun darah tinggi maupun makanan mengontrol tekanan darah Anda. Pilihlah sayuran segar karena sayuran dalam kaleng biasanya ditambahkan natrium yang berdampak negatif bagi tekanan darah Anda.

3. Yogurt

 Yogurt

Kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah, untuk itu, Anda perlu untuk menambahkan kalsium ke dalam asupan Anda. Salah satu makanan yang kaya akan kalsium adalah yogurt.

3. Olahan kedelai

olahan kedelai

Ilustrasi tempe(shutterstock) Makanan olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, dan lainnya, bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, beberapa studi menunjukkan, mengonsumsi olahan kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Mengonsumsi 25 gram kedelai (setara dengan 10 ons tahu atau setengah cangkir susu kedelai) dalam sehari, mampu menurunkan kolesterol jahat sebesar 5-6%. Ini merupakan cara ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

4. Oat

oat

Ilustrasi(Shutterstock) Oatmeal merupakan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Kita dapat mengonsumsi sereal ini setiap kali sarapan. Kandungan beta-klugan, sejenis serat larut yang ada dalam oatmeal, efektif menurunkan kolesterol. Dengan mengonsumsi oatmeal, maka kolesterol total bisa turun sebesar 5%. Sementara itu, kolesterol jahat bisa turun sebesar 7%. Selain enak, mengonsumsi sereal ini juga dapat dengan mudah dilakukan.

5. Minyak zaitun

minyak zaitun

ilustrasi minyak zaitun(shutterstock) Minyak zaitun merupakan sumber kaya asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kita dapat mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 60 ml dalam sehari. Selain itu, kita juga dapat mencampurkan buah zaitun pada salad

 6. Bawang putih

bawang putih

Ilustrasi bawang putih(Amarita) Bawang putih telah digunakan sebagai obat, dan bahan untuk memasak selama berabad-abad. Bawang putih mengandung berbagai senyawa tanaman kuat, seperti allicin, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kita dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini.

Baca juga:  Menurunkan Kolesterol dengan Cepat!

7. Sayur dan buah

buah dan sayur

Ilustrasi sayuran(pada smith) Sayuran merupakan makanan yang kaya serat, dan antioksidan. Beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan terong, mengandung pektin atau serat larut, yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain sayur, buah juga kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kolesterol bahkan hingga 10%. Kita dapat mengonsumsi buah alpukat, jeruk, apel, stroberi, dan anggur untuk menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

Baca juga:  Pantangan Bagi Penderita Kolesterol !

mengurangi kolesterol

Sumber :

  • https://hellosehat,com/pusat-kesehatan
  • https://lifestyle,kompas,comkolesterol-tinggi-cobalah-7-makanan-penurun-kolesterol-ini?
  • https://id,theasianparent,com/makanan-penurun-darah-tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *