Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

makanan penurun kolesterol tinggi

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol dibiarkan maka akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain.

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk dapat menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan tidak menganggu kesehatan kita. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia, beranggapan bahwa penyakit kolesterol akan lebih banyak diderita oleh orang yang sudah tua dan kebanyakan hanya dialami yang berjenis kelamin pria. Tetapi hal ini sebenarnya salah, karena hampir setiap orang dari berbagai umur bisa terkena koletserol.

Sekarang ini juga banyak wanita yang masih muda terkena kolesterol. Mereka biasanya merasakan pegal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuhnya dan kemudian tidak menyadari bahwa mereka terkena kolesterol. Tetapi setelah diperiksa dan dicek lebih mendalam, kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

Baca Juga : Pantangan Kolesterol dan Asam Urat

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Ketika Anda sedang mengalami hal tersebut maka sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Usahakan menggunakan berbagai makanan yang menyehatkan terlebih dahulu dibandingkan harus mengkonsumsi obat. Jika Anda tergantung pada obat maka hal ini juga kurang baik untuk kesehatan Anda.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

apa saja jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol? Berikut ini daftar makanan penurun kolesterol tinggi :

1. Kacang-kacangan (Legum)

kacang-kacangan

Legum termasuk kelompok makanan kacang-kacangan nabati, seperti kacang polong dan lentil. Legum mengandung banyak serat, mineral dan protein dan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Makan 1/2 cangkir (100 gram) kacang-kacangan per hari efektif menurunkan kolesterol LDL “buruk” dengan rata-rata 6,6 mg / dl, dibandingkan dengan tidak mengonsumsi kacang-kacangan.

2. Alpukat

Avokad

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL “buruk” dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”. Dalam sebuah penelitian menyebutkan, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari, bisa menurunkan kadar LDL lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

3. Kacang almond dan kenari

kacang almond

Kacang almond sangat kaya akan L-arginin, asam amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat dan bisa membantu mengatur tekanan darah. Kacang kenari juga kaya akan variasi asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung. Terlebih lagi, kacang almond dan kenari menyediakan pitosterol.

Senyawa tanaman ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus Selain itu almond dan kenari juga mengandung kalsium, magnesium, dan kalium, sehingga bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Makan satu porsi kacang setiap hari dikaitkan dengan risiko penurunan penyakit jantung hingga 28 persen.

4. Ikan salmon dan makarel

Salmon

Salmon dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL “baik” dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Penelitian NCBI merilis, orang yang terbiasa makan ikan jenis ini setidaknya sekali seminggu dengan cara dipanggang, bisa mengurangi risiko stroke 27 persen lebih rendah dibanding yang tidak. Namun, perlu diingat cara paling sehat untuk memasak ikan adalah mengukus atau merebus. Bahkan, ikan yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga : Penyebab Asam Urat

5. Buah dan berry

buah dan berry

Buah adalah nutrisi baik untuk diet jantung sehat karena beberapa alasan. Buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol di antaranya apel, anggur, jeruk, dan jenis buah berry seperti blackberry dan strawberry. Buah mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena antioksidan dan efek anti-inflamasi. Buah juga merupakan jenis serat larut yang disebut pektin dan bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

6. Cokelat hitam

kakao

Kakao adalah bahan utama dalam pembuatan cokelat hitam. Orang dewasa yang minum minuman mengandung kakao dan cokelat hitam selama dua kali sehari selama sebulan akan mengurangi kadar kolesterol LDL “jahat” 0,17 mmol / l (6,5 mg / dl). Tekanan darah juga bisa menurun, sementara kolesterol HDL “baik” akan meningkat. Jika ingin mengonsumsi cokelat hitam, pilihlah yang mengandung bubuk kakao sebesar 75-85 persen.

Baca Juga : Tanda Tanda Asam Lambung Tinggi

7. Kedelai

kedelai

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah studi mengaitkan kedelai dengan pengurangan LDL “buruk” dan kolesterol total, serta peningkatan kolesterol HDL “baik” akan berdampak baik pada orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *