Makanan Penurun Kolesterol yang Wajib Diketahui

makanan penurun kolesterol
Makanan Penurun Kolesterol – Kolesterol tinggi menjadi kondisi yang sudah tak asing didengar. Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak hanya genetika, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap kolesterol. Oleh sebab itu, kita harus mengatur makanan yang dikonsumsi, untuk menjaga kolesterol tetap normal. Jika kamu memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol merupakan cara terbaik dalam diet. Lalu, apa saja makanan yang dapat menurunkan kolesterol? Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol, dan dapat dengan mudah kita temukan.

Baca Juga : Kadar Asam Urat Normal Pada Seseorang

1. Kentang

Kentang panggang mengandung potasium sehat yang lebih baik daripada pisang. Mendapatkan jumlah nutrisi penting yang cukup ini bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Tomat

Sumber potasium lainnya adalah tomat. Selain potasium, tomat juga mengandung vitamin A dan C, lycopene yang bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Tomat akan membantu untuk menurunkan kolesterol dengan kandungan vitamin A dan C di dalamnya.

3. Tuna

Konsumsi tuna segar atau kalengan setidaknya dua kali seminggu bisa membantu menurunkan laju peningkatan plak. Asam lemak omega-3 dalam ikan juga bisa membantu menurunkan level trigliserida yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Baca Juga : Obat Herbal Kolesterol Paling Ampuh

4. Apel

Mengutip Good House Keeping, sebutir apel sehari bisa membantu menjauhkan Anda dari kardiologis. Studi membuktikan bahwa konsumsi apel akan membantu menurunkan total kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan phenolic yang ada di kulit apel.

5. Oat

Oat mengandung serat yang disebut beta glucan. Serat ini akan membantu menurunkan tingkat LDL. Makanan ini juga akan menyerap air dari tingkat indeks glikemik dan mengeluarkan sisa lemak jenuh sebelum masuk ke dalam aliran darah. Jika ingin lebih efektif, campur oat dengan pisang dan chia seed agar menjadi makanan penurun kolesterol yang ampuh.

6. Alpukat

Buah ini kaya dengan lemak jenuh dan serat yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

7. Salmon

Ikan ini adalah salah satu sumber omega-3 yang tinggi. Selain menurunkan kolesterol, salmon juga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi inflamasi dan mengandung trigliserida.

8. Bayam

Sayuran kesukaan Popeye ini ternyata tak cuma membuat dia kuat. Namun menambahkan sayuran hijau termasuk bayam akan membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang akan membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

9. Terong

Siapa sangka ternyata terong juga bisa membantu untuk menurunkan tingkat stres. Ini termasuk proses yang bisa meningkatkan kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan pembentukan plak. Mengutip Harvard, selain terong, okra juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan asupan serat.

10. Pisang

Pisang kan membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaan Anda. Dengan demikian kolesterol tak akan masuk ke dalam aliran darah dan menyumbat arteri Anda. Pisang diklaim efektif untuk menjadi makanan penurun kolesterol.

Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

gaya hidup sehat
Selain mengonsumsi daftar makanan dan minuman di atas, Anda juga dianjurkan untuk mengubah gaya hidup demi menurunkan kolesterol tinggi dan mempertahankan kadar kolesterol normal. Hal ini dapat dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti:

1. Kurangi makanan yang mengandung lemak

Cara paling mudah untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah memerhatikan jumlah lemak yang dikonsumsi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh maupun lemak trans, seperti daging merah dan susu tinggi lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Baca Juga : Jelly Gamat Gold G Obat Asam Urat Paling Ampuh

2. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah, selain juga merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok untuk mendukung upaya Anda menurunkan kolesterol serta menghindari dampak buruk kolesterol tinggi.

3. Batasi konsumsi minuman beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan tekanan darah. Untuk mencegahnya, Anda harus membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan akan lebih baik lagi jika Anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

4. Berolahraga secara rutin

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, olahraga secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari, minimal 3 kali seminggu, agar manfaat ini bisa Anda rasakan.
Supaya kolesterol Anda tetap terkontrol, lakukan tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter. Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar Anda terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Sumber :

  1. https://lifestyle,kompas,com
  2. https://www,cnnindonesia,com
  3. https://www,alodokter,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *