Makanan Penurun Trigliserida

Makanan Penurun Trigliserida – Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang terdapat dalam darah. Lemak ini dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Setelah kita makan, tubuh akan mengubah kalori yang tidak dibutuhkan menjadi trigliserida dan menyimpannya ke dalam sel lemak sebagai cadangan energi.

makanan penurun trigliserida

Trigliserida memang penting, karena bisa digunakan untuk menghasilkan energi, namun terlalu banyak trigliserida dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Itulah mengapa, penting sekali menjaga kadar lemak darah ini agar selalu normal. Kitapun harus dengan sigap menurunkan trigliserida yang tinggi hingga mencapai kadar normalnya.

Baca Juga : Cara Cepat Menurunkan Kolesterol

Trigliserida Hindari Ini

Terkait dengan pola makan, tak dipungkiri ada beberapa jenis makanan yang berpengaruh langsung pada level trigliserida, terutama yang mengandung karbohidrat tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk menjaga kadar trigliserida bisa diturunkan atau normal.

1. Minuman manis

Minuman mengandung gula, seperti es teh, soda, jus buah, dan sebagainya, akan membuat tubuh Anda dibanjiri kelebihan gula. Paling tidak batasi mengonsumsi minuman manis untuk menurunkan kadar trigliserida.

2. Makanan bertepung

Makanan yang mengandung tepung, seperti kentang, pasta, atau nasi, meruapkan sumber energi yang baik. Tetapi, makanan sehat ini akan dipecah menjadi gula saat masuk dalam sistem pencernaan. Kelebihan gula merupakan salah satu penyebab kadar trigliserida menjadi tinggi.

3. Kelapa

Manfaat sehat kelapa sudah dikenal di seluruh dunia, teapi kelapa juga mengandung lemak jenuh. Kita memang tak perlu menghindari sama sekali makanan mengandung santan, tetapi batasi saja sampai kadar trigliserida terkontrol.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

4. Madu atau sirup maple

Tak perlu dijelaskan lagi, madu atau sirup maple mengandung gula yang tinggi. Jika kadar trigliserida Anda tinggi, batasi asupan kedua jenis pemanis ini.

5. Lemak jenuh

Produk susu berlemak tinggi, butter, daging merah, dan sebagainya, merupakan makanan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar trigliserida. Mengurangi makanan jenis ini juga bisa membuat level kolesterol terjaga.

6. Alkohol

Kadar trigliserida tinggi adalah alasan lain untuk menjauhi alkohol.

7. Makanan

yang dipanggang Kadar trigliserida yang tinggi diketahui dipicu oleh asupan makanan yang dipanggang, seperti roti dan sejenisnya. Biasanya makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang juga tinggi.

Baca Juga : Gejala Asam Urat Pada Tangan

Makanan Penurun Trigliserida

1. Ikan

Berbagai jenis ikan dapat menurunkan kadar trigliserida anda. Beberapa jenis ikan tersebut adalah ikan halibut, ikan herring, ikan mackerel, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan trout. Berbagai jenis ikan ini dapat membantu menurunkan kadar trigliserida karena mengandung banyak asam lemak omega 3.
Ikan teri dan ikan sarden juga dapat menurunkan kadar trigliserida anda karena mengandung banyak asam lemak tidak jenuh tunggal dan ganda.

2. Buah-buahan

Berbagai jenis buah-buahan seperti apel, kurma, ara, dan strawberi dapat menurunkan kadar trigliserida karena mengandung banyak serat. Konsumsilah buah segar, bukan jus buah, karena setelah melalui proses pengolahan, banyak serat di dalam buah yang ikut hilang. Selain itu, proses pengolahan ini juga mengubah karbohidrat di dalam buah yang justru dapat meningkatkan kadar trigliserida.

Baca Juga : Asam Lambung Tinggi Menyebabkan Sesak Nafas

3. Sayuran

Berbagai sayuran mentah juga dapat menurunkan kadar trigliserida, termasuk kentang dan tomat. Akan tetapi, kentang tumbuk dan jus tomat justru dapat meningkatkan kadar trigliserida anda.
Oleh karena itu, pilihlah berbagai jenis sayuran lain yang mengandung banyak serat yang dapat menurunkan kadar trigliserida anda seperti wortel, jagung, kacang-kacangan, bawang bombay, dan ubi.

4. Gandum

Sereal dan roti yang terbuat dari gandum yang mengandung banyak serat larut air dapat membantu menurunkan kadar trigliserida anda. Hindarilah berbagai jenis makanan yang terbuat dari tepung seperti roti (tidak terbuat dari gandum), kue, biskuit, pasta, dan nasi putih karena semuanya hanya mengandung sedikit serat dan justru dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida di dalam darah anda.

 

Sumber :

  • www,honestdocs,id
  • lifestyle,kompas,com
  • www,dokter,id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *