Makanan Rendah Kolesterol

Makanan rendah kolesterolMakanan Rendah Kolesterol – Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Jika asupan kalori Anda jauh lebih tinggi dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Cadangan makanan tersebut tersimpan di bawah kulit sehingga akan membuat tubuh Anda terlihat gemuk.

Oleh karenanya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsi makanan rendah kalori sangat dianjurkan. Makanan yang rendah kalori merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori dalam jumlah sedikit dan biasanya kaya akan nutrisi lain yang penting bagi tubuh.

Manfaat Makanan Rendah Kalori

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa makanan yang tinggi kalori pasti mengenyangkan. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Banyak makanan tinggi kalori yang nyatanya tidak membuat Anda kenyang.

Sebaliknya, ada juga makanan rendah kalori yang justru membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan rendah kalori dan lemak selain dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting bagi tubuh.

Baca Juga : Makanan Pantangan Asam Urat

Aneka Makanan Rendah Lemak

Makanan Rendah Kolesterol – Terdapat berbagai jenis makanan rendah kalori dan lemak yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan menu makanan yang cocok untuk menjaga kesehatan dan berat badan Anda. Adapun daftar makanan rendah kalori antara lain adalah sebagai berikut:

  • Buah

    Buah-buahan dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Cobalah untuk mengonsumsi apel atau melon yang kaya akan serat. Selain mengenyangkan, makanan rendah kalori ini juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

    Anda dapat mengganti aneka cemilan tinggi kalori Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat. Jika Anda bosan mengonsumsi buah potong segar, Anda juga bisa mengganti cemilan Anda dengan keripik buah alami.

  • Sayur

    Sayur kaya akan serat dan memiliki efek mengenyangkan yang lebih baik dari buah-buahan. Gantilah sebagian porsi makanan berat Anda dengan makanan rendah kalori ini.

    Anda juga bisa menambahkan lebih banyak sayur dalam menyajikan sandwich atau omelette untuk memberikan efek lebih kenyang sekaligus memperkaya kandungan nutrisinya. Selain mengonsumsi sayuran segar, Anda juga bisa mengonsumsi keripik sayur untuk memenuhi kebutuhan serat Anda.

  • Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan kaya akan protein dan serat yang mampu memberikan efek kenyang dengan kandungan kalori yang rendah. Anda dapat menyajikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat.

    Akan tetapi, pastikan bahwa kacang yang Anda olah tidak melalui proses penggorengan atau penambahan gula dan garam berlebih agar makanan rendah kalori ini tetap memberikan manfaat sehat yang optimal bagi Anda.

    Baca Juga : Meredakan Asam Lambung

  • Produk susu rendah lemak

    Meminum susu bisa dijadikan salah satu cara untuk memberikan efek kenyang. Begitu pula dengan aneka produk susu lainnya seperti yoghurt atau keju. Pilihlah susu rendah lemak jika Anda ingin tetap mengonsumsi minuman atau makanan rendah kalori.

  • Biji-bijian utuh

    Biji-bijian utuh merupakan makanan rendah kalori yang paling mengenyangkan. Karena terbuat dari biji-bijian utuh yang terjaga kandungan serat dan aneka nutrisinya, makanan rendah kalori ini paling dianjurkan selama menjalani diet.

    Beberapa contoh biji-bijan utuh yang dapat Anda konsumsi adalah jagung atau oat. Anda juga bisa memilih cemilan yang lebih sehat dan rendah kalori seperti popcorn yang terbuat dari jagung atau granola yang terbuat dari oat.

  • Daging tanpa lemak

    Beberapa orang mengira bahwa daging merupakan makanan yang tinggi kalori. Akan tetapi, sebenarnya daging tanpa lemak dapat digolongkan sebagai salah satu makanan rendah kalori. Agar kandungan kalorinya tetap terkontrol, hindari proses memasak daging dengan tambahan lemak seperti minyak atau mentega.

    Agar kalori olahan daging tidak tinggi, masaklah daging tanpa lemak dengan cara direbus, kukus, atau panggang. Jika Anda ingin mengonsumsi olahan daging yang lebih sehat, pilihlah olahan daging sapi yang dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan kimia seperti dendeng daging sapi alami.

  • Ikan

    Ikan juga kaya akan protein yang bisa memberikan efek kenyang. Meskipun mengandung lemak, lemak yang terkandung dalam daging ikan merupakan lemak sehat yang akan membatu mengusir lemak jahat dalam tubuh Anda.

Baca Juga : Cara Menurunkan Trigliserida

Cara Memilih Makanan Rendah Lemak

Makanan Rendah Kolesterol – Pola makan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh, baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Dimana sumber nutrisinya pun harus dipilih yang sealami mungkin.
Berikut beberapa langkah yang paling mudah untuk mengawali menjalani program konversi ke pola makan yang sehat:

  • Hindarilah makanan yang kaya akan kandungan lemak. Biasanya terdapat pada makanan yang dimasak dengan kaya akan minyak, mentega, margarin, dan santan. Namun hal tersebut bukanlah berarti tubuh manusia tidak membutuhkan lemak. Asupan lemak alami untuk tubuh manusia sesungguhnya sudah tercukupi dengan mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet. Kalaupun terpaksa harus membeli makanan yang dalam kemasan, maka pilihlah yang mencantumkan dengan jelas tanda “TANPA PENGAWET” pada kemasan. Berbagai penelitian menyebutkan, walau mengkonsumsi bahan pengawet dalam dosis dibawah normal untuk dikonsumsi, dalam penggunaaan rentang waktu jangka panjangnya, zat pengawet merupakan pemicu utama timbulnya kanker.
  • Penting adanya untuk memperhatikan teknik dalam pengolahan makanan. Karena sedikit banyak mempengaruhi pengolahan mutu makanan. Pilihlah makanan yang telah melalui proses pengolahan metode memasak di kukus, di rebus atau di tumis dengan sedikit minyak. Metode menggoreng, memanggang dan di bakar kurang dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena selain mengandung banyak lemak, metode memasak ini juga merusak nilai gizi makanan karena panas tinggi.
  • Hindari menambahkan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Namun alangkah lebih baik hindari bahan pangan ini. Karena unsur senyawa monosodium glutamat yang terdapat di dalam bumbu penyedap menipu lidah Anda namun tidak untuk kesehatan tubuh Anda.
  • Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Selain badan menjadi sehat, kesehatan tubuh pun menjadi lebih terjaga. Tubuh pun terbebas dari berbagai risiko penyakit kanker. Mayoritas buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen yang merupakan penyebab kanker saluran pencernaan. Namun bukan berarti semua buah itu menyehatkan, hindarilah buah durian, karena pada durian terkandung lemak yang sangat tinggi. Serta sebisa mungkin hindarilah emping, dimana buah ini mengandung purin sebagai pencetus utama asam urat. Satu hal yang penting untuk diingat, cucilah dengan bersih sayuran dan buah sebelum di makan untuk mengindari kontaminasi bakteri dan residu pestisida.Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat 
  • Hindarilah makanan jeroan, lemak, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber lemak penyebab obesitas dan ganguan kardiovaskular. Alihkan pilihan kepada daging yang tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu yang rendah lemak, susu kedelai, yoghurt, putih telur serta ikan sebagai sumber protein terbaik.
  • Perbanyaklah meminum air putih. 80% tubuh kita terdiri dari cairan, jika kita kekurangankadar cairan, maka kinerja dari beberapa organ vital ikut terganggu. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol, bersoda serta minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah juga baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.
  • Jangan terbiasa memakan dan meminum yang berwarna. Pilihlah makanan atau minuman yang berwarna bening alami. Terkecuali makanan yang memiliki warna alami dari bahan makanan tersebut sendiri, seperti cokelat, merahnya stroberi dll. Karena bahan perwarna pada bahan makanan merupakan salah satu pemicu utama timbulnya kanker pada tubuh.

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng
  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak
  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega. Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas
  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum
  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan
  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah).

Sumber :

  1. www,lemonilo,com
  2. www,klikdokter,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *