Makanan Untuk Kolesterol dan Asam Urat yang Dihindari

makanan untuk kolesterol dan asam urat

Makanan Untuk  Kolesterol dan Asam Urat – Penderita kolesterol dan darah tinggi, biasanya memiliki kecenderungan menderita asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah dapat dijaga dengan rutin olahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, terasa panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah. Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Baca Juga : Penurun Kolesterol Herbal

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Makanan Untuk Kolesterol dan Asam Urat – Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

1.Membatasi konsumsi makanan laut (seafood)

Terutama lobster dan kerang makanan lezat yang sangat menggoda tersbut jika Mama dan Papa adalah penggemar makanan laut maka perlu batasi karena seafood mengandung purin yang tinggi dan bukan pilihan yang baik, karena kandungannya tinggi kolestrol.

Yuk, batasi asupan makanan laut agar kadar asam urat dan kolesterol tetap terjaga.

2. Hindari jeroan seperti babat, hati, otak dll

Organ ini termasuk babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat.

Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

3. Minuman yang manis-manis

Minuman manis seperti soda, dan bahkan jus buah segar terkonsentrasi dengan gula yang mengandung fruktosa dan glukosa.

Fruktosa dari gula rafinasi dalam jus atau makanan lain diserap lebih cepat daripada gula dari makanan yang memiliki kandungan alami yang perlu dipecah dalam tubuh Anda.

Penyerapan gula olahan yang lebih cepat meningkatkan kadar gula darah Anda dan juga menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi. Ganti minuman manis dengan air yang disaring dan smoothie yang kaya serat.

4. JanganTerlalu Sering Makan Daging Merah

Siapapun pasti sangat berselera jika disuguhkan hidangan daging lezat, namun jika kita penderita asam urat dan kolestrol sebaiknya mulai mengontrol dan membatasi asupan daging.

Karena daging mengandung purin dan kolestrol . Sesekali bila ingin memakan daging sebaiknya dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun. Disarankan untuk membuang kulit daging dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

Baca Juga : Makanan Pantangan Asam Urat

5.Jauhkan diri dari minuman beralkohol

Asam urat dan kolesterol tinggi akan berdampak pada masalah kesehatan yang lebih berat jika ditambah minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir.

Dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang. Minum alkohol bisa membuat Anda lebih dehidrasi. Ini juga dapat memicu kadar asam urat yang tinggi.

Ini terjadi karena ginjal Anda harus terlebih dahulu menyaring produk yang terjadi dalam darah karena alkohol, bukan asam urat dan limbah lainnya.

6.Tidak memakan buah durian

Bau buah durian memang sangat menggiurkan, tapi kandungan kolesterol yang terlalu tinggi membuat penderita asam urat berpikir tujuh kali saat ingin memakannya.

Selain kolesterol, durian juga mengandung ethanol, ethyl, dan senyawa sulfur yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Kalau ingin makan durian, makanlah satu atau dua biji saja. Lalu, minum air putih yang banyak agar lemak yang terdapat pada durian bisa dinetralisir dan dibuang melalui urin.

Baca Juga : Gejala Asam Lambung Kronis

7. Olahan masakan Bersantan

Menambah santan pada makanan akan membuat cita rasa makanan semakin nikmat bukan begitu Ma. Namun, orang yang menderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bersantan.

Sebab, makanan bersantan mengandung lemak yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

Beragam jenis makan yang beresiko meningkatkan asam urat dan kolestrol sebaiknya diminimalisir ya Ma. Karena efeknya akan membuat asam urat jadi kambuh dan nyeri hal itu tentu menjadi tidak nyaman.

Perbanyaklah berolahraga dan minum air putih untuk membantu tubuh supaya menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam kondisi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *