Makanan Untuk Mengurangi Kolesterol

Makanan Untuk Mengurangi Kolesterol – Kolesterol adalah salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol dibiarkan maka akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain.

makanan untuk mengurangi kolesterol

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk dapat menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan tidak menganggu kesehatan kita. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia, beranggapan bahwa penyakit kolesterol akan lebih banyak diderita oleh orang yang sudah tua dan kebanyakan hanya dialami yang berjenis kelamin pria. Tetapi hal ini sebenarnya salah, karena hampir setiap orang dari berbagai umur bisa terkena koletserol.

Baca Juga : Cara Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Sekarang ini juga banyak wanita yang masih muda terkena kolesterol. Mereka biasanya merasakan pegal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuhnya dan kemudian tidak menyadari bahwa mereka terkena kolesterol. Tetapi setelah diperiksa dan dicek lebih mendalam, kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Ketika Anda sedang mengalami hal tersebut maka sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Usahakan menggunakan berbagai makanan yang menyehatkan terlebih dahulu dibandingkan harus mengkonsumsi obat. Jika Anda tergantung pada obat maka hal ini juga kurang baik untuk kesehatan Anda.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Makanan dan Minuman Untuk Mengurangi Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman penurun kolesterol, yaitu:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung, terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

3. Pisang

Kandungan zat inulin pada pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini membantu Anda untuk mengendalikan kadar kolesterol.

Baca Juga : Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

4. Oat

Oat yang terbuat dari gandum, mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta glucan di oat juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

5. Teh hijau

Teh hijau termasuk salah satu minuman herbal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan katekin (catechin) di teh hijau diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

6. Susu kedelai

Minuman lain yang juga bisa dijadikan sebagai penurun kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai sendiri mengandung isoflavon yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan yang berasal dari olahan kacang keledai juga memiliki kandungan isoflavon yang tinggi, seperti tempe dan tahu.

Baca Juga : Mengatasi Asam Lambung Tinggi

Untuk mempermudah upaya menurunkan kolesterol tinggi, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Kedua jenis serat larut ini dapat membuat sistem pencernaan bekerja dengan optimal, sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, Anda juga bisa mencari produk dengan tambahan vitamin B1 dan B2. Tujuannya agar proses pencernaan serta pembakaran lemak dan karbohidrat dapat berjalan dengan lebih baik, yang tentu saja akan membantu Anda dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *