Makanan Untuk Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Kolesterol dan Asam Urat – Banyak orang terkadang tidak memerhatikan pola makan karena sibuk dengan banyaknya kegiatan sehingga tanpa disadari mendapati dirinya terkena berbagai penyakit. Biasanya orang yang terkena kolesterol dan darah tinggi, memiliki kecenderungan menderita asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah dapat dijaga dengan rutin berolahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu. Mama dan Papa selain memerhatikan asupan pada anak juga perlu mengatur pola makan sehari-hari. Hati-hati jangan sampai kita salah memilih makanan, bisa jadi justru tubuh akan butuh lebih banyak waktu untuk bisa pulih kembali jika sudah terlanjur terkena penyakit.

makanan untuk penderita kolesterol dan asam urat

Tanda-Tanda Kolasterol dan Asam Urat

1. Terasa Pegal-Pegal, Kesemutan, dan Sakit Kepala

Pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala adalah ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama. Gejala kolesterol tinggi yang akan dirasakan adalah munculnya pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak. Selain itu, gejala lain yang muncul adalah kecenderungan untuk lebih mudah mengalami sakit kepala, mudah lelah, dan mudah mengantuk.

Baca Juga : Trigliserida Rendah

Gejala kolesterol tinggi ini ternyata disebabkan oleh semakin menurunnya asupan oksigen menuju otak. Ini terjadi karena penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Selain itu, pengidap kolesterol tinggi juga akan cenderung mudah untuk terkena masalah kesemutan. Jadi, jika kamu sering merasakan kesemutan jangan abaikan masalah tersebut, karena bisa jadi itu tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

2. Mudah Lelah

Selain pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala, tanda kolesterol tinggi lainnya adalah mudah merasa lelah. Orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi biasanya akan merasa mudah lelah, walaupun tidak sedang melakukan aktivitas berat. Penghambatan aliran darah menuju otak juga dapat terjadi, sehingga membuat pengidap dengan gejala kolesterol tinggi menjadi susah berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan terkadang merasa bingung tanpa sebab.

3. Nyeri Sendi

Gejala kolesterol dan asam urat yang paling sering muncul dan dirasakan adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian, yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan kemerahan. Selain itu, saat bangun tidur, pengidap gejala asam urat tinggi dan kolesterol juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali. Jika kamu mengalami gejala asam urat tinggi, rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah, sehingga pengidapnya akan semakin kesulitan untuk bergerak.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

4. Jantung Terasa Berdebar-Debar

Ternyata jantung yang berdebar-debar juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi dan asam urat. Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan atau organ tubuh.

Hal ini dapat menimbulkan gejala jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras yang menandakan organ ini bekerja ekstra dibandingkan normal. Jika debaran jantung ini berlangsung terus menerus, dapat mengakibatkan kelelahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung. Jadi, jangan sepelekan ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi, agar kamu bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah kondisi tubuh memburuk.

5. Kadar Kolesterol Melebihi Batas Normal

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160-200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami gejala kolesterol tinggi.

Itulah tanda-tanda yang perlu kamu ketahui tentang penyakit kolesterol dan asam urat. Jika kamu mencurigai adanya tanda-tanda tersebut atau tanda lainnya, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga : Tanda Tanda Penyakit Gout

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Kolesterol dan Asam Urat – Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

1. Jeroan

Tak cuma penderita asam urat yang dilarang mengonsumsi jeroan, orang dengan kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.
Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

Baca Juga : Gejala Asam Lambung Tinggi

2. Makanan laut atau boga bahari (seafood)

Seafood alias makanan laut, seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik, terutama bagi penderita kolesterol tinggi, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 125 mg kolesterol. Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng, tentu tingkat kolesterolnya akan semakin tinggi. Yuk, batasi asupan makanan laut agar kadar asam urat dan kolesterol tetap terjaga.

3. Daging

Penderita asam urat dan kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi asupan daging. Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut. Disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

Baca Juga : Cara Alami Menurunkan Kolesterol

4. Minuman beralkohol

Asam urat dan kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berat jika ditambah minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang. Selain itu, bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh. Minum minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Tubuh sehat bisa diraih dengan menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam kondisi normal. Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa untuk rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Rutin memeriksakan kadar asam urat dan kolesterol serta melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter, juga merupakan langkah penting untuk mencegah dampak pada kondisi kesehatan akibat kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi.

 

Sumber :

  • www,popmama,com
  • www,halodoc,com
  • rs-alirsyadsurabaya,co,id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *