Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

makanan untuk penderita kolesterol tinggi

Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroid adalah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron; semua hormon steroid ini terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol.

Selain penting untuk struktur sel hewan, kolesterol juga berfungsi sebagai prekursor untuk biosintesis hormon steroid, asam empedu dan vitamin D. Kolesterol adalah sterol utama yang disintesis oleh semua hewan. Pada vertebrata, sel-sel hati biasanya menghasilkan jumlah terbesar. Tidak ada di antara prokariota (bakteri dan archaea), meskipun ada beberapa pengecualian, seperti Mycoplasma, yang membutuhkan kolesterol untuk pertumbuhan.

Baca Juga : Minuman Menurunkan Kolesterol

Banyak cara untuk menurunkan kolesterol, terutama mengatur pola makan. Berikut ini daftar makanan penurun kolesterol tinggi yang patut dicoba.

Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi – Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Makanan Penurun Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat dicegah dengan mengonsumsi berbagai makanan penurun kolesterol, berikut ini adalah makanan penurun kolesterol tinggi :

  1. IKAN LAUT


    Hasil gambar untuk ikan laut

Ikan laut seperti salmon, tuna, atau cod mengandung tinggi lemak sehat dan vitamin D sehingga sangat membantu meningkatkan metabolisme tumpukan kolesterol di hati dan seluruh tubuh.

  1. DARK CHOCOLATE

    Hasil gambar untuk dark chocolate

Ganti cemilan makan manis kamu dengan dark chocolate. Flavonoid dalam dark chocolate bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah.

  1. KACANG-KACANGAN


    Hasil gambar untuk kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama almond dan mete mengandung kolesterol baik (HDL) dan serat yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan metabolisme hati dan melancarkan pembuangan kolesterol jahat.

Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Asam Urat

  1. TAHU DAN TEMPE

  2. Hasil gambar untuk tahu tempe

Protein nabati seperti tahu dan tempe mengandung tinggi protein tetapi rendah kolesterol jahat, berbeda seperti daging sapi. Jadi memenuhi kebutuhan asam amino untuk sel hati tanpa menambah tumpukan kolesterol.

  1. KARBOHIDRAT KOMPLEKS


    Hasil gambar untuk nasi merah

Nasi merah, rolled oat, barley, atau sorghum merupakan karbohidrat kompleks yang tinggi serat untuk mengurangi tumpukan kolesterol di pembuluh darah sekaligus memberikan energi lebih lama untuk proses metabolisme.

  1. SAYUR dan BUAH

    Hasil gambar untuk sayur dan buah

Sayur buah memiliki banyak serat, vitamin, mineral, dan phytonutrisi yang sangat bermanfaat untuk pembuangan kolesterol jahat.

Kandungannya akan meningkatkan proses metabolisme di hati dan kinerja sistem imun yang akan bantu turunkan kolesterol jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *