Mengobati Kolesterol Tinggi Secara Alami

mengobati kolesterol tinggi

Mengobati Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Jika tidak dikendalikan, kolesterol akan mengendap dalam tubuh dan kadarnya semakin tinggi. Kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung. Kolesterol memiliki dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low-density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High-density Lipoprotein (HDL). Kolesterol dimiliki oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kolesterol tinggi dipicu asupan makanan yang kurang terkontrol, terutama makanan yang berlemak.

Apabila Anda kerap mengonsumsi makanan berminyak, maka penumpukan lemak akan memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu kental manis, dan masih banyak lagi. Ketika kadar kolesterol jahat tinggi, maka akan menyebabkan penyumbatan pada aliran darah. Suplai makanan menuju jantung akan terhambat oleh timbunan lemak. Oleh sebab itu, kolesterol tinggi dipercaya dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa menurunkan kolesterol dengan berbagai cara alami dan ampuh tanpa obat-obatan berbahaya.

Baca Juga : Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Penyebab Kolesterol

  • Kurang olahraga dan tidak aktif bergerak
  • Mengonsumsi makanan ringan, alias mengemil
  • Makan malam dan langsung tidur
  • Istirahat tidak teratur
  • Terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda
  • Banyak mengonsumsi gula atau makanan manis
  • Mengonsumsi makanan cepat saji (junk food)
  • Kurang minum air putih
  • Keseringan memakan masakan berminyak
  • Tubuh kurang serat dan BAB tidak teratur, sehingga sisa makanan menjadi lemak

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Secara Alami

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

3. Pilih makanan rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

Baca Juga : Makanan yang Tidak Boleh Untuk Asam Urat

4. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah. Akan lebih baik lagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

5. Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca Juga : Penyembuhan Asam Lambung Secara Alami

6. Berhenti merokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, berhentilah merokok. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

7. Kontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, Anda disarankan menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, demi menurunkan kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *