Menurunkan Kolesterol Alami Buah dan Sayur

menurunkan kolesterol alami

Menurunkan Kolesterol Alami – Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) yang bisa mengangkut kolesterol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penyakit. Sementara itu kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) justru mengendap di dinding pembuluh darah dan bisa berujung pada penyakit seperti stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Tapi, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara alami untuk menurunkan kolesterol. Berikut cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

Baca Juga : Makanan Penurun Trigliserida

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa dilakukan dengan meminum air jeruk nipis atau lemon. Keduanya memiliki senyawa flavonoid. Kandungan tersebut bertindak sebagai anti-oksidan kuat guna membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Mengonsumsi satu gelas air jeruk nipis atau lemon setiap pagi dipercaya sangat efektif untuk meluruhkan lemak dan kolesterol membandel dalam tubuh. Di sisi lain, cara ini mampu mendetoks racun pada sistem pencernaan dan membantu fungsi kerja liver. Anda hanya perlu memeras satu buah jeruk nipis atau lemon, kemudian campurkan pada segelas air hangat tanpa gula. Anda juga bisa membuat infuse water dengan buah tersebut.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

2. Jambu Biji

Jambu biji berwarna merah mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini juga memiliki kadar kalium dan serat larut air untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian di Malaysia menunjukkan asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari dapat meningkatkan total kolesterol baik (HDL) dalam darah dan kadar antiosidan di dalam tubuh. Banyak sekali kandungan dalam jambu biji yang berwarna merah. Mulai dari anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya meminum jus jambu merah secara rutin.

3. Buah Anggur

Tak hanya jambu biji dan jeruk nipis, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Senyawa antioksidan dalam anggur dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Baca Juga : Pantangan Makanan Asam Urat

4. Apel

Apel dipercaya mampu menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Senyawa pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

5. Sayur Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung serat tinggi guna menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Sayur ini akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami dan ampuh. Anda sebaiknya merebus brokoli tanpa menggunakan minyak atau bahan pengawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *