Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

menurunkan kolesterol dan asam urat

Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat – Ada Cara Menurunkan kolesterol dan Asam Urat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat maupun kolesterol total yang agak tinggi, antara lain.Penderita kolesterol dan darah tinggi, biasanya memiliki kecenderungan menderita asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah dapat dijaga dengan rutin olahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, terasa panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah. Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Baca Juga : Pantangan Makanan Asam Urat

Turunkan Kadar Asam Urat

Asam urat merupakan hasil dari pemecahan purin yang didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Dalam makanan sehari-hari, jumlah purin yang dikonsumsi sekitar 600-1.000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari.

Hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1.000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti :daging merah, jeroan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden).

Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, tetapi dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti jamur, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

Bahan makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, cokelat, dan lainnya.

Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat. Batasi alkohol, bir, ragi, dan minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Diet Turunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan bahan seperti lemak yang ada dalam darah. Kolesterol yang berada dalam darah berasal dari tubuh yang mensintesis dan juga dari makanan. Oleh karena itu, anjuran kolesterol sekitar kurang 200 mg/hari bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi.

Adapun bahan makanan yang kaya kolesterol seperti :

  • Kuning telur 210 mg/butir
  • Cavier 94 mg/satu sendok makan
  • Hati 564 mg/100 gr
  • Kerang 105 mg/100 gr
  • Mentega 215 mg/100 gr
  • Udang 260 mg/100 gr
  • Cumi 260 mg/100 gr
  • Fast food 235 mg/100 gr

* Olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur dan terukur sebanyak 3-4x seminggu.

* Gaya hidup sehat termasuk mempertahankan berat badan dalam nilai yang ideal. Jika dihitung IMT (indeks massa tubuh) ananda sekitar 24,1, berarti masuk dalam kategori overweight (kelebihan berat badan). Oleh karena itu, ananda usahakan turunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal sekitar 57 kg.

Makanan yang tinggi akan kolesetrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang.

Baca Juga : Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng.
  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak.
  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega. Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas.
  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum.
  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan.
  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah).

Sedangkan untuk mengurangi asam urat, jenis obat yang digunakan contohnya Alopurinol. Untuk mendapatkan obat ini Anda harus memperoleh resep dokter, agar dosis dapat disesuaikan untuk diri Anda. Selain itu, penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *