Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Mudah

menurunkan kolesterol

Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Mudah – Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Seiring dengan gaya hidup orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Cara menurunkan kolesterol tinggi sebenarnya cukup beragam, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga menggunakan cara yang alami. Nah, berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan mudah. Cara alami di sini maksudnya dengan mengonsumsi buah-buahan yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat.

Buah-Buahan Penurun Kolesterol

buah penurun kolesterol

Berikut delapan buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah:

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin alias serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Serat dalam buah apel juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga membantu kita mengontrol nafsu makan.

Baca Juga : Makanan Penurun Kolesterol yang Wajib Diketahui

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Buah alpukat baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Penelitian menunjukkan, selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama, bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi. Alpukat juga bisa menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, alpukat kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin, yang dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa menurun.

4. Buah Berri

Buah berri (seperti strawberry, blueberry, cranberry) kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik atau HDL. Riset yang dipimpin oleh peneliti bernama Erlund terhadap 72 subyek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler telah membuktikannya.

Hasil riset tersebut menunjukkan asupan dua porsi buah berry per hari dapat meningkatkan kadar kolestrol baik atau HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Riset yang dipimpin ilmuwan bernama Basu dengan meneliti 16 wanita juga membuktikan mengonsumsi buah berry secara rutin dapat menurunkan kolestrol LDL dalam empat minggu.

Baca Juga : Gejala Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

5. Anggur

Anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Penelitian menunjukkan, anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah.

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Baca Juga : Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari

7. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 minggu menunjukkan asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.

8. Jeruk

Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah ini juga mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus. Jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C, yang membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah-buahan ini, sebaiknya kita mulai mengonsumsinya dengan rutin sebanyak dua hingga tiga porsi sehari.

Baca Juga : Kolesterol Tinggi Waspadai Gejala-Gejalanya

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Suplemen

Beberapa suplemen yang mengandung bahan-bahan berikut ini, diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah:

  • Ekstrak daun lotus

    Masyarakat di Asia timur, seperti Cina, Jepang dan Korea, telah lama meyakini khasiat ekstrak daun lotus sebagai pengobatan tradisional. Ekstrak daun lotus sering dipakai untuk mengobati radang lambung, diare, sakit kepala, dan perdarahan setelah melahirkan.
    Berdasarkan penelitian, ekstrak daun lotus juga dapat menurunkan kolesterol total dan mengurangi kadar gula darah puasa. Tanaman berkhasiat ini juga memiliki sifat anti-obesitas dan memperlambat laju metabolisme lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Meski demikian, manfaat ini masih perlu dikaji lebih dalam secara klinis.

  • L-carnitine

    L-carnitine adalah asam amino yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Di dalam tubuh, L-carnitine berperan dalam pengolahan lemak dan produksi energi. Dalam dosis tertentu, L-carnitine dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan berpotensi memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

    Baca Juga : Kolesterol Normal, Begini Menjaganya

  • Conjugated linoleic acid (CLA)

    Conjugated linoleic acid (CLA) yang disebut juga asam linoleat, secara alami terdapat dalam daging hewan. Meski termasuk ke dalam lemak jenuh, asam linoleat memiliki manfaat bagi tubuh. Asam linoleat dipercaya memiliki efek menurunkan berat badan dan memperbaiki metabolisme tubuh, meskipun manfaat ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut melalui uji klinis.

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen sebagai cara menurunkan kolesterol, pastikan mengonsumsinya sesuai dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, serta penderita penyakit kronis harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen. Disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan manfaat dan efek samping suplemen penurun kolesterol yang akan Anda gunakan.

 

Sumber :

  1. https:// www,liputan6,com
  2. http s:// lifestyle,kompas,com
  3. https:// www,alodokter,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *