Menurunkan Kolesterol Secara Alami

menurunkan kolesterol secara alami

Menurunkan Kolesterol Secara Alami – Kolesterol yang ada di dalam tubuh sebenarnya memiliki banyak fungsi. Sebut saja membantu dinding sel tetap fleksibel dan dibutuhkan untuk membuat beberapa hormon.

Tapi, terlalu banyak kolesterol di dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Sama seperti lemak, kolesterol tidak bisa larut dalam air dan berpindah-pindah di dalam tubuh bergantung pada molekul bernama lipoprotein.

Baca juga: Minyak Goreng Curah Dilarang, Dokter Jantung Ungkit Kebiasaan Makan Gorengan

Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) yang bisa mengangkut kolesterol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penyakit. Sementara itu kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) justru mengendap di dinding pembuluh darah dan bisa berujung pada penyakit seperti stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Tapi, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara alami untuk menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kolesterol

Buah Penurun Kolesterol

1. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah dengan meminum air jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Kamu cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

2. Minum jus anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Kamu bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

4. Kulit manggis

Tidak hanya buahnya yang bisa kamu makan, kulit manggis juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan, jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E. Kamu bisa memilih mengonsumsi ektrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat atau dengan memblender kulit manggis lalu meminumnya langsung.

5. Mengonsumsi biji-bijian utuh

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Oleh sebab itu biji-bijian efektif digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Baca Juga : Normalkan Koelesterol Dengan Suplemen Herbal

6. Rajin mengonsumsi brokoli

Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli.

7. Rajin mengonsumsi apel.

Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya dengan mengonsumsi Apel. Buah ini terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

8. Manfaatkan Berries (strawberry, blueberry, cranberry) sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi.

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengonsumsi berries merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang efektif.

9. Konsumsi pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. Konsumsi pir secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

10. Makan satu buah alpukat setiap hari.

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Nah, alpukat bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

11. Jangan sepelekan manfaat pepaya

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan pepaya diklaim ampuh. Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Baca Juga : Penderita Asam Urat Konsumsi Suplemen Ini

Bahan Dapur Penurun Kolesterol

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan populer yang digunakan untuk obat-obatan herbal. selain itu, bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Caranya: makan tiga sampai empat siung setiap hari, jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

2. Seledri

Seledri mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Didalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Konsumsilah jus seledri sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah.

3. Biji Ketumbar

Kandungan asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, dan asam stearat yang terkandung dalam biji ketumbar dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Biji ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kolesterol baik.
Cara mengonsumsi biji ketumbar yaitu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, kemudian campur dengan secangkir air dan direbus. Setelah mendidih kemudian disaring dan siap untuk diminum. Air ketumbar ini dapat diminum dua kali sehari.

4. Kunyit

Warna kuning pada kunyit tersebut mengandung kurkumin, sehingga berkhasiat menguras asam empedu. Masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat bagi pengidap kelesterol berlebihan. Sifat kunyit tersebut berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.
Jika ingin mengonsumsi santan, sebaiknya campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan mampu menetralkan pengaruh buruknya.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan obat kolesterol alami yang dapat kita temukan di dapur. Dengan mengonsumsi cuka sari apel ini dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Kandungan serat larut yang terdapat pada sari cuka apel ini dapat menyerap kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Serat larut ini juga menambahkan massa yang akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membuat mengurangi porsi makan. Sari cuka apel juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh dengan sendirinya.
Cara mengonsumsi sari cuka apel ini dengan mencampurkan segelas air dan satu sendok teh sari cuka apel organik. Minum dua sampai tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Maag dan Asam Lambung

6. Ketumbar

Ketumbar yang biasa digunakan untuk membuat aroma masakan lebih menggoda dan lebih enak, ternyata bisa kita gunakan sebagai obat penurun kolesterol jahat. Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah.

Air ketumbar dapat kita minum untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Caranya: masak dua sendok ketumbar dengan air mendidih dan saring. Konsumsi dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Bisa pula ditambahkan dengan sedikit madu sebagai pemanis rasa.

7. Daun Salam

Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Caranya itu dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Jika tinggal tersisa satu gelas, saring air rebusan daun salam. Lebih baik mengkonsumsi di saat malam hari.

Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

Itulah beberapa obat kolesterol alami yang dapat kita temukan di dapur rumah. Selain bahan-bahan dapur, buah-buahan juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mampu memperlancar aliran darah. Kita dapat mengonsumsi buah apel, alpukat, pir, berries, pepaya, jambu biji, dan jeruk. Dengan memperbanyak mengkonsumsi buah juga dapat mencukupi serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

 

Sumber :

  1. health,detik,com
  2. www,liputan6,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *