Normal Trigliserida Gejala dan Cara Mengontrolnya

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah yang dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.

Lemak dari makanan yang dikonsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Setiap lemak yang tidak digunakan tubuh, akan diubah menjadi lemak darah dan disimpan di sel lemak. Ketika dibutuhkan, lemak darah akan dilepaskan untuk digunakan sebagai energi.

normal trigliserida

Ketika asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida yang tinggi diduga dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kadar Normal Lemak Darah

Kadar normal trigliserida (saat puasa) adalah kurang dari 150 mg/dl. Standar waktu pemeriksaan kadar trigliserida adalah pemeriksaan di saat puasa, misalnya pada pagi hari sebelum sarapan.

Penyebab dan Gejala Trigliserida

Selain asupan lemak yang berlebihan, tingginya trigliserida dalam darah juga dipicu oleh jarang berolahraga. Terdapat juga beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, yaitu:

Menderita penyakit, seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit liver
  • Kadar hormon tiroid rendah (hipotiroidisme)
  • Kelainan genetik yang disebut familial hypertriglyceridemia
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti:
  • Obat yang mengurangi cairan tubuh (diuretik)
  • Obat penekan sistem kekebalan tubuh (obat imunosupresif)
  • Obat antiradang jenis kortikosteroid
  • Vitamin A jenis retinoid
  • Obat penyakit jantung jenis penghambat beta
  • Obat HIV
  • Hormon estrogen dan progesteron.

Trigliserida tinggi tidak menimbulkan gejala. Jika muncul gejala, asalnya adalah dari penyebab yang mendasarinya.

Baca Juga : Pantangan Makanan Asam Urat

Cara Mengontrol Trigliserida

Untuk itu ketahui langkah-langkah apa yang diperlukan dalam mengontrol kadar trigliserida agar tidak berlebih,  yaitu:

1. Pilihlah lemak yang tepat, hindari daging merah, mentega serta lemak trans yang ada dalam makanan cepat saji yang digoreng seperti kentang goreng.

2. Pilihlah karbohidrat yang tepat, seperti gandum, oats dan beras merah yang masuk kategori karbohidrat kompleks, serta hindari produk dari tepung olahan seperti pasta, roti dan mi.

3. Pilihlah protein yang tepat, makanan yang kaya akan omega 3 bermanfaat dalam mengendalikan pembentukan trigliserida berlebih seperti salmon, tuna, sarden dan untuk vegetarian bisa dari walnut, almond yang direndam atau biji rami.

4. Mengonsumsi buah dan sayur, karena mengandung serat baik yang larut atau tidak sehingga membantu mengontrol berat badan dan menurunkan kadar lemak darah.

5. Perhatikan berat badan yang dimiliki, hal ini karena obesitas adalah faktor penting yang mengarah pada peningkatan kadar lemak darah.

6. Melakukan olahraga untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh yang secara otomatis turut mengurangi lemak darah berlebih.

7. Mengurangi asupan alkohol, ada studi yang menunjukkan anggur merah baik untuk jantung tapi tetap ada batas konsumsinya. Namun ketika seseorang mulai mengonsumsi alkohol meski diawali oleh anggur merah, ia bisa mengarah pada bir dan wiski. Konsumsi alkohol secara teratur dikaitkan dengan kadar lemak darah yang meningkat.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *