Pantangan Kolesterol yang Wajib Diketahui

pantangan kolesterol

Pantangan Kolesterol – Apakah Anda atau orang di keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi? Jika ya, maka Anda perlu lebih waspada terhadap lemak yang masuk ke dalam tubuh. Kolesterol pada dasarnya sudah ada dalam tubuh manusia. Produksinya akan bertambag sesuai dengan makanan yang dikonsumsi. Di antara jenis kolesterol, ada LDL (low-density lipoprotein) atau disebut juga kolesterol jahat, HDL (high-density lipoprotein) alias kolesterol baik, dan trigliserida yaitu hasil kelebihan karbohidrat yang diubah menjadi lemak.

Pemahaman Tantang kolesterol

LDL berfungsi mengangkut kolesterol dari organ hati melalui pembuluh darah ke sel-sel yang membutuhkannya. Namun, jika jumlah kolesterol LDL melebihi kebutuhan, maka LDL dapat menjadi endapan pada dinding-dinding arteri. Sementara, HDL memiliki tugas yang kebalikan dari LDL, yaitu mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati. Di sana, kolesterol akan dihancurkan dan dikeluarkan tubuh melalui kotoran. Jadi, yang dimaksud dengan kolesterol tinggi dan berbahaya adalah tingginya LDL.

Oleh karena itu, kolesterol tinggi merupakan penyakit yang diam-diam membunuh. Risikonya bisa ke penyakit yang lebih serius seperti stroke dan serangan jantung. Salah satu faktor tingginya kolesterol jahat yaitu akibat dari makanan sembarangan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Ketika Anda sudah terdiagnosa kolesterol tinggi, maka hindari makan sembarangan. Ada makanan yang tak boleh dikonsumsi orang dengan kolesterol tinggi karena kandungan kolesterolnya melebihi batasan per 100 gram. Batasan harian yang dianjurkan, yakni 200 hingga 300 miligram per hari.

Baca Juga : Kadar Asam Urat Normal Pada Seseorang

Makanan Pantangan Kolesterol Tinngi

makanan pantangan kolesterol
makanan pantangan kolesterol

Berikut makanan pantangan kolesterol tinggi, yang perlu untuk dihindari.

1. Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Apalagi kalau dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus atau rebus.

2. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya santan kelapa, daging kemasan seperti kornet dan sosis, minyak palm, dan mentega mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya ganti makanan yang tinggi lemak jenuh dengan makanan dengan lemak tak jenuh. Sebagai contoh, daripada pakai minyak palm atau mentega, pilih minyak zaitun.

3. Lemak Trans

Lemak trans adalah minyak yang sudah dipadatkan. Biasanya, lemak trans ada dalam margarin dan minyak kelapa. Maka, hidangan yang diolah dari margarin dan minyak kelapa pun tinggi kolesterol. Kalau bisa, pilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

4. Jeroan

Hindari jeroan ayam dan sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik konsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

5. Kulit

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol secara cukup signifikan. Jadi jika makan ayam, sebaiknya jangan disajikan dengan kulitnya.

6. Telur Ayam

Sebutir telur ayam ras (ayam negeri) lengkap dengan kuning telur dan putih telur mengandung kira-kira 164 miligram kolesterol. Sementara kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Belum lagi kalau telur digoreng dengan minyak palm. Sebaiknya konsumsi sumber protein lain yang masih lebih aman, misalnya dari tahu dan tempe.

Baca Juga : Kolesterol Tiggi Waspadai Gejalanya

7. Makanan Cepat Saji

Selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karenanya, sebaiknya jadikan makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger, dan sejenisnya sebagai pantangan, ya.

8. Udang

Makanan laut yang perlu diwaspadai pengidap kolesterol tinggi adalah udang. Sebab, dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti ikan dan cumi, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Bila ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan segar.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan pantangan kolesterol tinggi. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga : Gejala Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

Makanan yang Perlu Dibatasi Penderita Kolesterol

Selain makanan yang benar-benar dilarang, ada berbagai makanan yang masih boleh dikonsumsi tetapi dalam porsi kecil agar tidak melebihi batas kolesterol harian. Berikut berbagai makanan yang perlu dibatasi disertai dengan kadar kolesterolnya per 100 gram.

  • Cumi-cumi, 260 mg
  • Mentega, 256 mg
  • Makanan cepat saji, 235 mg
  • Biskuit, 221 mg
  • Udang, 161 mg
  • Belut, 161 mg
  • Cokelat, 140 mg
  • Keju 123 mg
  • Susu, 116 mg
  • Es krim, 92 mg
  • Kerupuk, 89 mg
  • Kerang, 67 mg
  • Kepiting, 42 mg

Dari daftar di atas, makanan laut seperti kerang dan kepiting memang memiliki kadar kolesterol yang tidak terlalu tinggi, tetapi Anda tetap perlu berhati-hati. Pasalnya, sebagian besar orang mengonsumsinya lebih dari 100 gram hingga akhirnya melewati batas asupan harian yang dianjurkan.

 

Sumber :

  1.  lifestyle,kompas,com
  2.  www,halodoc,com
  3.  hellosehat,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *