Pantangan Makanan Kolesterol Berikut ini

KrillOil.id–Pantangan Makanan Kolesterol-Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Seperti kadar lemak dalam tubuh misalnya. Beberapa jenis lemak memang diperlukan keberadaannya oleh tubuh. Namun, kadarnya sudah terlampau tinggi, ada ancaman gangguan kesehatan yang mengintai. Salah satu jenis lemak tubuh yang kerap membuat was-was adalah kolesterol. Berikut makanan pantangan kolesterol tinggi, yang perlu untuk dihindari.

pantangan makanana kolesterol

1. Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Apalagi kalau dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus atau rebus.

Baca juga: trigliserida normal & Cara Cepat Menurunkan Kolesterol

2. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya santan kelapa, daging kemasan seperti kornet dan sosis, minyak palm, dan mentega mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya ganti makanan yang tinggi lemak jenuh dengan makanan dengan lemak tak jenuh. Sebagai contoh, daripada pakai minyak palm atau mentega, pilih minyak zaitun.

3. Lemak Trans

Lemak trans adalah minyak yang sudah dipadatkan. Biasanya, lemak trans ada dalam margarin dan minyak kelapa. Maka, hidangan yang diolah dari margarin dan minyak kelapa pun tinggi kolesterol. Kalau bisa, pilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans.

4. Jeroan

Hindari jeroan ayam dan sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik konsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi karena Kolesterol Tinggi

5. Kulit

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol secara cukup signifikan. Jadi jika makan ayam, sebaiknya jangan disajikan dengan kulitnya.

6. Telur Ayam

Sebutir telur ayam ras (ayam negeri) lengkap dengan kuning telur dan putih telur mengandung kira-kira 164 miligram kolesterol. Sementara kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Belum lagi kalau telur digoreng dengan minyak palm. Sebaiknya konsumsi sumber protein lain yang masih lebih aman, misalnya dari tahu dan tempe.

7. Makanan Cepat Saji

Selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karenanya, sebaiknya jadikan makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger, dan sejenisnya sebagai pantangan, ya.

Baca juga: Apa Yang dapat Menyebabkan Kolesterol

8. Udang

Makanan laut yang perlu diwaspadai pengidap kolesterol tinggi adalah udang. Sebab, dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti ikan dan cumi, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Bila ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan segar.

9.Jelai dan oat

Mengonsumsi lebih banyak kedua jenis makanan ini bisa mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi karena kedua makanan ini mengandung serat yang disebut beta glukan. Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain kedua makanan ini, kacang merah juga mengandung serat larut. Anda bisa menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah seperti pisang untuk menambahkan kadar serat dalam makanan Anda.

10. Buah dan sayuran

Mengonsumsi buah dan sayur dapat menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengonsumsinya lebih banyak maka Anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti brokoli, apel, pir, ubi, stroberi dan terung dapat menurunkan kolesterol.

11. Kacang-kacangan

Manfaat kacang bisa mengurangi kolesterol dalam darah karena mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Anda bisa menurunkan kolesterol Anda sebanyak 5 % jika mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.

11. Beras coklat

Dibandingkan dengan beras putih, beras coklat memiliki lebih banyak nutrisi dan kaya akan serat. Kandungan serat pada beras coklat inilah yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
Makanan yang mengandung kacang kedelai
Makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu mengandung protein yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolesterol Anda setidaknya 6%.
Ikan dan asam lemak omega 3
Ikan seperti salmon, tongkol, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh pada kadar kolesterol jahat (LDL) darah, tapi dapat menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Konsumsilah setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Omega 3 juga bisa mengurangi kemungkinan terkena kematian mendadak karena penyakit jantung serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

11. Alpukat

Salah satu manfaat alpukat yaitu kaya kandungan lemak tak jenuh. Usahakan untuk mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah, bukan dalam bentuk jus yang sudah dicampur gula dan susu. Penderita kolesterol tinggi perlu membatasi asupan lemak jenuh. Batas asupan lemak jenuh pada wanita adalah 20 gram, sedangkan batas untuk pria adalah 30 gram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *