Pantangan Untuk Kolesterol

Pantangan Untuk Kolesterol – Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di organ hati, dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kolesterol diperlukan untuk memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D.

pantangan untuk kolesterol

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein yang disebut lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein, yaitu LDL yang biasa disebut dengan kolesterol jahat, dan HDL yang biasa disebut dengan kolesterol baik. LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. Sedangkan HDL berfungsi mengangkut kolesterol kembali ke organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan, untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kotoran.

Baca Juga : Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Pantangan Makanan Bagi Yang Berkelosterol Tinggi

Pantangan Untuk Kolesterol – Di bawah ini macam macam makanan yang sebaiknya dihindari dan dikurangin jumlah pengkonsumsiannya.

  1. Lemak Jenuh

    Lemak jenuh terkandung di beberapa makanan, seperti santan, sosis, minyak palm, mentega serta daging kemasan yang seperti kornet mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Dalam mengatasinya sebaiknya ganti makanan lemak jenuh anda dengan mengkonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun.

  2. Jeroan

    Yang dimaksud dengan jeroan ialah hati, usus, otak, jantung, ampela dan organ lainnya baik dari ayam maupun sapi sebaiknya dihindari atau bahkan jangan dikonsumsi sama sekali. Karena jeroan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Bukannya lebih enak mengkonsumsi daging yang rendah lemak bukan dari pada mengkonsumsi jeroannya.

  3. Gorengan

    Makanan yang diolah dengan digoreng apalagi menggunakan minyak biasa (jelantah) atau menggunakan margarine akan mengakibatkan kadar kolesterol jahat meningkat dengan drastisnya. Seperti menggoreng tahu, tempe, telur, ayam goreng atau martabak. Lebih baik mulai saat ini ubahlah cara memasak anda dengan menggunakan cara dikukus atau direbus saja.

  4. Kulit

    Semua kulit baik kulit ayam, kulit sapi ataupun kikil sangat tinggi akan kandungan lemak jenuhnya. Bila sering dikonsumsi akan mengakibatkan kadar kolesterol jahat pun meningkat dengan tinggi. Maka dari itu usahakan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan ini.

  5. Lemak trans

    Yang dimaksud dengan lemak trans ialah lemak yang telah dipadatkan seperti margarine dan juga minyak kelapa. Dengan begitu hidangan yang dimasak dengan menggunakan margarine serta minyak kelapa tak lepas dari kolesterol tinggi.

  6. Udang

    Mengkonsumsi makanan laut (seafood) perlu anda waspadai karena makanan laut ini berpotensi tinggi mengandung kolesterol tinggi. Salah satu yang wajib anda waspadai ialah udang, udang memiliki kandungan kolesterol paling tinggi dibanding cumi, ikan dan lobster. Maka itu udang merupakan salah satu makanan pantangan bagi penderita penyakit kolesterol tinggi, namun bila anda ingin mengkonsumsi udang sebaiknya anda juga harus mengimbangi makananan yang bernutrisi yang berasal dari sayur dan buah.

    Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

  7. Telur ayam

    Satu butir telur ayam negri lengkap dengan kuning telur dan putih telurnya telah mengandung kolesterol sekitar 164 miligram. Namun apakah anda tahu kandungan kolesterol dalam kuning telur saja sudah mencapai 242 miligram. Maka sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi telur dan mencari sumber protein lainnya yang memiliki kadar kolesterol kecil atau bahkan tidak memiliki kadar kolesterol. Mengkonsumsi telur akan sangat berbahaya lagi jika diolah dengan digoreng dan menggunakan minyak kelapa atau palm.

  8. Makanan cepat saji (junk food)

    Makanan cepat saji atau sering disebut dengan junk food ini memiliki kadar gizi yang rendah dan tidak lengkap. Maka dari itu sebaiknya mulai saat ini kurangi atau bahkan jangan mengkonsumsi makanan cepat saji ini seperti burger, kentang goreng, ayam goreng tepung dan jenis lainnya.

  9. Produk minuman kemasan

    Saat ini banyak sekali produk minuman kemasan yang beraneka ragam dengan rasa yang bersoda, minuman teh, minuman kopi, minuman jus dan minuman lainnya yang mengandung pemanis buatan dan kadar gula nya sangat tinggi. Gula pemanis ini diketahui mengandung kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah, maka dari itu hindari mengkonsumsi minuman kemasan ini dan batasi juga mengkonsumsi minuman manis.

Menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi sangat bermanfaat bagi tubuh, terlebih jika anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh juga dapat membantu dalam menurunkan kolesterol anda. Selain itu rajin lah untuk melakukan olahraga minimal tiga puluh menit dalam sehari sudah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol anda.

Baca Juga : Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

Pantangan Untuk Kolesterol – Cara menurunkan kolesterol tanpa obat sebenarnya enggak ribet kok. Kita bisa memilih cara paling sederhana, yaitu rutin mengonsumsi makanan penggempur kolesterol. Nah, berikut contohnya:

1. Alpukat

Hasil studi dari Penn State University mengungkapkan, orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari, kadar kolesterolnya menurun dibandingkan dengan mereka yang enggak mengonsumsinya.

2. Probiotik

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, wanita yang rutin makan yoghurt dengan kandungan probiotik selama lebih dari 12 minggu, kadar kolesterolnya menurun dalam jumlah yang cukup signifikan.

3. Oatmeal

Cara menurunkan kolesterol juga bisa melalui konsumsi oatmeal. Bubur gandum ini kaya serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Serat larut juga bisa kamu temukan pada apel, pir, dan buah prune. Serat jenis ini diyakini bisa menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan kamu.

4. Teh hijau

Teh ini kaya akan senyawa penting yang bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah kesehatan. Menurut studi, secangkir teh hijau yang baru diseduh cukup efektif untuk menurunkan kolesterol LDL.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi

5. Jus Anggur

Jus ini bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tanpa obat. Jus anggur mengandung antioksidan, seperti piceatannol dan resveratrol. Tak cuma itu, anggur juga mengandung flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan. Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, cobalah konsumsi jus anggur minimal sehari sekali secara rutin.

6. Brokoli

Sayuran ini kaya serat yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Di samping itu, brokoli juga bisa membantu tubuh dalam proses detoksifikasi secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *