Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol

Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol

Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol – Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di organ hati, dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kolesterol diperlukan untuk memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D.

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein yang disebut lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein, yaitu LDL yang biasa disebut dengan kolesterol jahat, dan HDL yang biasa disebut dengan kolesterol baik. LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. Sedangkan HDL berfungsi mengangkut kolesterol kembali ke organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan, untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kotoran.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol

Berikut beberapa daftar Ramuan Tradisional untuk menurunkan kolesterol yang bisa didapatkan secara mudah:

1. Bawang Putih

Bawang putih

Bawang putih telah dikenal selama ribuan tahun sebagai bahan masakan dan obat-obatan. Bawang putih bisa dimakan secara mentah atau dimasak, serta telah tersedia dalam bentuk suplemen, seperti kapsul dan tablet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan serta mengurangi kadar kolesterol di dalam darah, Bawang putih juga memperlambat perkembangan atherosclerosis atau penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Untuk mengobatinya, laman Healthline menyarankan, agar mengonsumsi bawang putih secara rutin selama satu hingga tiga bulan, dan hal ini akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Ragi beras merah

ragi beras merah

Ragi beras merah merupakan obat tradisional dari Tiongkok dan bisa dibuat menjadi bahan masakan. Beberapa produk beras ragi merah mengandung kandungan monacolin K, yakni zat yang secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam lovastatin obat penurun kolesterol. Produk beras ragi merah yang mengandung zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

3. Hawthorn

Hawthorn

Hawthorn merupakan semak berduri yang termasuk dalam keluarga mawar, dan biasa tumbuh di lereng bukit di seluruh dunia. Bunganya berwarna pink dan mekar pada bulan Mei. Seperti dilansir laman MedicalNewsToday, tumbuhan ini termasuk dalam kelompok putih, merah, serta merah muda kecil. Jika sudah masak buahnya berwarna merah dan daunnya yang mengkilap tumbuh dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Hawthorn dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Daun, buah, dan bunganya telah digunakan secara medis selama ratusan tahun untuk mengobati masalah jantung, termasuk kolesterol tinggi. Meski hawthorn efektif, orang dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung harus bertanya terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini. Terkadang hawthorn bisa berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk banyak obat yang diresepkan untuk penyakit jantung.

Baca Juga : Kadar Asam Urat Normal Pada Seseorang

4. Serat Larut

Serat larut juga terbukti bisa menurunkan kolesterol LDL lebih baik daripada diet makanan rendah lemak. Serat larut tentu saja akan sangat mengurangi kolesterol LDL, sementara serat tidak larut membantu mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Serat larut dalam jumlah tinggi biasanya ditemukan pada gandum. Selain itu, sumber serat larut baik lainnya termasuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, seperti kacang polong.

5. Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sementara kalium yang terkandung di jeruk nipis diketahui secara alami juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Senyawa jeruk nipis yang disebut limonin terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, beberapa zat lain yang terkandung di jeruk nipis termasuk vitamin A, B, C, dan D, sehingga buah ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan atau mempertahankan berat badan.

Selain mencukupi tubuh dengan minum delapan gelas air 8 per hari, tambahkan pula minuman perasan jeruk nipis pada pola makan dengan cara mencampurnya di segelas air hangat setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *