Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Kolesterol dan asam urat yang tinggi kerapkali dikeluhkan oleh para orang tua lanjut usia. Namun pada masa kini, kolesterol dan asam urat tinggi tidak hanya terjadi pada kalangan lanjut usia namun para remaja dan kalangan usia produktif di atas 30 tahun pun sudah banyak yang menderitanya. Hal ini terjadi karena adanya faktor gaya hidup yang tidak sehat dan juga pola makan atau asupan makanan yang dikonsumsi. Maka disini akan dibahas mengenai berbagai sayuran penurun kolesterol dan asam urat.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Hal ini terjadi akibat kelebihan kolesterol yang disebabkan oleh pola makan dan juga gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu menyukai makanan gorengan atau makanan yang tinggi lemak jenuh, kurang berolahraga dan jarang melakukan aktifitas fisik, merokok, stres dan juga penyebab kolesterol tinggi selain makanan lainnya.

Berikut tanda-tanda kolesterol dan asam urat yang perlu kamu ketahui:

1. Terasa Pegal-Pegal, Kesemutan, dan Sakit Kepala

Pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala adalah ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama. Gejala kolesterol tinggi yang akan dirasakan adalah munculnya pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak. Selain itu, gejala lain yang muncul adalah kecenderungan untuk lebih mudah mengalami sakit kepala, mudah lelah, dan mudah mengantuk.

Gejala kolesterol tinggi ini ternyata disebabkan oleh semakin menurunnya asupan oksigen menuju otak. Ini terjadi karena penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Selain itu, pengidap kolesterol tinggi juga akan cenderung mudah untuk terkena masalah kesemutan. Jadi, jika kamu sering merasakan kesemutan jangan abaikan masalah tersebut, karena bisa jadi itu tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

Baca Juga : Minuman Untuk Kolesterol

2. Mudah Lelah

Selain pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala, tanda kolesterol tinggi lainnya adalah mudah merasa lelah. Orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi biasanya akan merasa mudah lelah, walaupun tidak sedang melakukan aktivitas berat. Penghambatan aliran darah menuju otak juga dapat terjadi, sehingga membuat pengidap dengan gejala kolesterol tinggi menjadi susah berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan terkadang merasa bingung tanpa sebab.

3. Nyeri Sendi

Gejala kolesterol dan asam urat yang paling sering muncul dan dirasakan adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian, yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan kemerahan. Selain itu, saat bangun tidur, pengidap gejala asam urat tinggi dan kolesterol juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali. Jika kamu mengalami gejala asam urat tinggi, rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah, sehingga pengidapnya akan semakin kesulitan untuk bergerak.

4. Jantung Terasa Berdebar-Debar

Ternyata jantung yang berdebar-debar juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi dan asam urat. Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan atau organ tubuh.

Hal ini dapat menimbulkan gejala jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras yang menandakan organ ini bekerja ekstra dibandingkan normal. Jika debaran jantung ini berlangsung terus menerus, dapat mengakibatkan kelelahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung. Jadi, jangan sepelekan ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi, agar kamu bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah kondisi tubuh memburuk.

5. Kadar Kolesterol Melebihi Batas Normal

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160-200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami gejala kolesterol tinggi.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Berikut sayuran penurun kolesterol dan asam urat yang terbukti efektif menurunkan kolesterol dan juga asam urat :

1. Wortel

wortel

Wortel sudah terkenal dengan kandungan vitamin A nya yang tinggi. Padahal banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat pada wortel yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan kolesterol dan asam urat. Kandungan nutrisi pada wortel diantaranya yaitu : vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, serat, magnesium dll.

Kandungan serat tak larut yang terdapat pada wortel tersebut mampu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan proses penurunan kadar kolesterol, hal tersebut diungkapkan berdasarkan hasil study terbaru. Dan anti oksidan yang terkandung dalam beta karoten dan juga vitamin C yang terdapat pada wortel, mampu melindungi proses oksidasi pada LDL.

2. Seledri

Seledri

Salah satu manfaat seledri yang dikenal adalah mampu menurunkan darah tinggi. Namun tahukah Anda? bahwa seledri pun ampuh dijadikan sebagai cara alami menurunkan kolesterol dan juga asam urat, atau mampu menjadi makanan pencegah kolesterol tinggi.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada daun seledri dipercaya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk, hal ini dilansir dari situs halosehat.com. Vitamin C yang tinggi yang terkandung dalam seledri inilah yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, dalam seledri khususnya pada bagian batangnya, terdapat zat diuretik yang mampu meluruhkan kristal-kristal pada sendi yang terjadi pada penderita asam urat tinggi. kandungan anti inflamasi nya pun dapat mengurangi rasa nyeri dan terjadinya pembengkakan pada daerah sendi.

Baca Juga : Jamu Herbal Asam Urat

3. Daun Salam

daun salam

Daun salam telah dikenal sebagai bahan penyedap makanan. Namun tahukah Anda bahwa daun salam mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti salah satunya dapat menurunkan kadar asam urat dan juga kolesterol dalam darah. Pada daun salam ini ternyata mampu menghasilkan minyak essensial yang di dalamnya mengandung eugnol dan metil kavikol, yang dipercaya ampuh menurunkan kolesterol dan juga asam urat. Yaitu dengan cara merebus daun salam ini dan kemudian meminum air rebusannya. Minumlah secara rutin agar kolesterol dan juga asam urat cepat turun dan kembali normal.

4. Mentimun

mentimun

Selanjutnya sayuran yang mampu membuat kadar kolesterol normal yaitu mentimun. Sayuran yang biasa dibuat lalapan ini ternyata tidak hanya segar dan nikmat untuk dikonsumsi namun juga mampu mengembalikan kadar kolesterol kembali normal, selain itu mentimun ini juga mampu menurunkan kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh.

Kandungan senyawa penting yaitu senyawa sterol yang terdapat pada mentimun ini, sangat efektif dalam upaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan kandungan silika nya mampu menjaga kesehatan sendi juga mengurangi rasa nyeri pada persendian akibat asam urat. Tidak hanya itu silika ini juga ampuh menurunkan kadar asam urat. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung sebagai lalapan atau dapat pula dibuat jus, di mix dengan wortel atau tomat, dan minumlah secara rutin agar memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Menetralisir Asam Lambung

5. Brokoli

brokoli

Sayuran penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya yaitu brokoli. Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang sudah dipercaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat, asam amino, dan vitamin C nya sangat baik untuk meningkatkan proses penurunan asam urat. Tidak hanya itu, kandungan serat beserta nutrisi lainnya seperti potasium dan kromium efektif membantu proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *