Sayuran Untuk Penderita Kolesterol

Sayuran Untuk Penderita Kolesterol

Sayuran Untuk Penderita Kolesterol – Memang tidak semua jenis kolesterol itu jahat dan harus diturunkan. Mengapa demikian? Karena sejatinya kolesterol itu ditemukan dalam setiap sel tubuh dan memiliki fungsi alami yang penting. Kolesterol ada karena tubuh memproduksinya, tetapi zat ini juga dapat diambil dari makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol berbahan dasar minyak, sedangkan darah berbahan dasar air. Oleh sebab itu, kolesterol dan darah tidak dapat bercampur secara langsung, oleh sebab itu diperlukan perantara, yaitu lipoprotein. Dengan adanya lipoprotein, maka kolesterol dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Pantangan Penderita Kolesterol

Berdasarkan hal itu, kolesterol terbagi menjadi dua jenis:

  • Low-density lipoprotein (LDL – kolesterol yang diangkut adalah kolesterol ‘jahat’).
  • High-density lipoprotein (HDL – kolesterol yang diangkut adalah kolesterol ‘baik’).

LDL tinggi yang tidak diimbangi dengan tingginya HDL akan berdampak buruk pada pembuluh darah. Pasalnya lemak jahat ini melalui proses yang panjang bisa mengendap pada lapisan dalam pembuluh darah, membuat aliran darah menjadi terhambat karena diameter yang menyempit (aterosklerosis). Lama-kelamaan aliran darah bisa terhenti sama sekali.

Proses inilah yang menimbulkan berbagai penyakit serius seperti stroke dan jantung koroner, ketika pembuluh darah pada otak dan jantung mengalami penyempitan akibat kolesterol jahat.

Kolesterol jahat kita turunkan dengan cara mengurangi asupan makanan yang kaya akan lemak jenuh. Alasannya, liver kerap menggunakan lemak jenuh sebagai bahan untuk memproduksi kolesterol. Ini berarti semakin banyak konsumsi lemak jenuh, maka makin naik pula kadar kolesterol dalam darah, khususnya LDL.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Sedangkan untuk menaikkan kolesterol baik, maka kita perlu berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat, antioksidan, dan berbagai vitamin. Zat-zat seperti ini banyak terdapat dalam buah dan sayuran. Berikut ini beberapa daftar makanan dari sayur-sayuran untuk penderita kolesterol yang bisa menurunkan kolesterol jahat:

1. Wortel

wortel

Sayuran berumbi merah atau oranye ini mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, beta karoten, kalsium, dan gula alamiah. Beta karoten merupakan zat antikolesterol. Seratnya mampu mengurangi penyerapan lemak sehingga kadar kolesterol dalam tubuh berkurang.

2. Pepaya

pepaya

Pepaya muda biasanya dimasak untuk sayur, menandung beta karoten, pektin, d-galaktosa, L=arabinasa, papain, papayotimin papain, fitokinase, caricaksantin, dan violaksantin. Dua senyawa terakhir ini mampu menghambat batu empedu. Empedu merupakan senyawa yang mengontrol kadar kolesterol darah.

3. Kubis

kubis

Menyimpan bahan aktif sulforafan, histidin, iberin, dan Cyano Hidroksi Butena (CHB). Kubis disajikan sebagai lalap, karedok, atau sayur sup, bisa melawan kolesterol ‘jahat’.

Baca Juga : Gejala Asam Urat Pada Tangan

4. Labu siam dan jamur kuping

labu siam

KeJagungduanya disarankan bagi penderita kolesterol tinggi. Sayuran labu siam mengandung saponin, alkaloid, dan tannin.

5. Jagung

jagung

Jagung muda kaya kalium, thiamin, dan fosfor. Kalium bersifat diuretik (melancarkan air seni). Air rebusan jagung utuh (dengan kelobot dan rambut) berkhasiat antikolesterol.

6. Seledri

Seledri

Mengandung minyak asiri serta senyawa flavonoid. Aliin dan alisin merupakan senyawa antikolesterol. Tanaman berbau harum ini sering digunakan untuk penyedap sup, seluruh bagiannya berkhasiat sebagai penurun kolesterol.

7. Bawang putih

Bawang putih

Mengandung minyak asiri (aliin dan alisin) yang merupakan senyawa antikolesterol. Sementara kalsium, kalium, saponin, scordinins, dan saltivine merupakan senyawa aktif yang menyehatkan tubuh. Kalium bersifat menenangkan, sesuai bagi penderita hipertensi.

8. Daun salam

daun salam

Sebagai penyedap masakan, menyimpan bahan aktif berupa minyak asiri, tanin, dan flavonoida, berkhasiat menurunkan kolesterol.

9. Takokak

Takokak

Toshihiko dalam Plant Antioxidants Skin Applied Research Series menyebutkan, buah takokak (Solenum torvum) memiliki senyawa sterol carpesterol yang aktif sebagai antiradang. Buanya mengandung vitamin A 750 IU dan vitamin C 80 mg/100 g. Vimala S dalam Medicinal Plants: Quality Herbal Product For Healthy Living (1999), menyatakan, takokak dan petai bisa membersihkan radikal bebas masing-masing sampai 91,1% dan 89,2%.

Baca Juga : Cara Mengobati Sesak Nafas Akibat Asam Lambung

10. Cabe rawit

Cabe rawit

Paling kaya vitamin C, 242 mg/100 g. Menurut Mindell dalam Earl Mindell’s Vitamin Bible For Your Kids (1981), vitamin C merupakan antioksidan pencegah infeksi bakteri atau virus, pengobatan pada kelainan darah putih, radang usus besar, radang selaput mata, bronkitis, radang kanker, dan penurun kolesterol darah.

11. Kecipir

Kecipir

Mengandung tocopherol (vitamin E) yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Buah dan daun mudanya dapat disayur.

Kesimpulannya, hampir semua jenis sayuran bisa menurunkan kolesterol, jadi Anda bebas untuk mengonsumsi sesuai kebutuhan. Namun daftar di atas adalah sayuran penurun kolesterol yang lebih unggul dibanding yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *