Telur Puyuh Kolesterol Menjadi Naik?

Telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang paling banyak peminatnya. Enggak hanya enak dimakan langsung setelah direbus, telur puyuh juga sering dimasukkan ke dalam beberapa menu makanan, seperti sup, mie dan sate. Karena bentuknya yang kecil, banyak orang bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak sekali makan. Tapi katanya, kebanyakan mengonsumsi telur puyuh bisa bikin kolesterol naik. Benarkah?

telur puyuh kolesterol

Kandungan Nutrisi Telur Puyuh

Telur puyuh sebenarnya merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Dalam satu porsi telur puyuh, yaitu lima butir, mengandung 6 gram protein dan 5 gram lemak. Karena jumlah protein dan lemaknya kecil, kandungan kalori yang terdapat dalam telur puyuh juga relatif sedikit, yaitu hanya sekitar 71 kalori dalam satu porsi. Namun sayangnya, telur puyuh mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1,6 gram untuk setiap 5 butirnya. Jumlah ini lebih tinggi dibanding sebutir telur ayam yang hanya memiliki lemak jenuh 1,5 gram saja. Kandungan kuning telur pada telur puyuh yang lebih banyak daripada putih telurnya juga diduga menjadi penyebab tingginya kandungan lemak jenuh di dalamnya. Walaupun telur puyuh mengandung lemak jenuh relatif tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini belum tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah Anda.

Baca Juga : Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat

Makanan yang tinggi kolesterol belum tentu menyebabkan Anda mengalami kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Tubuh sendiri sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon tertentu, memproduksi vitamin D, dan membangun sel. Organ hati yang menghasilkan kolesterol dalam tubuh tidak mengubah semua kolesterol dari makanan menjadi kolesterol darah. Tubuh akan mengatur penggunaan kolesterol untuk fungsi tubuh dan untuk diubah menjadi kolesterol darah.

Bolehkah Penderita Koleasterol Konsumsi Telur Puyuh?

Reaksi seseorang terhadap kadar kolesterol dari makanan mungkin akan berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mengalami kenaikan kolesterol walau hanya mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dalam jumlah sedikit. Dan, beberapa orang lainnya tidak menunjukkan kenaikan kadar kolesterol yang berarti walau banyak mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami kolesterol tinggi setelah makan makanan berkolesterol, sebaiknya batasi jumlah telur puyuh yang Anda konsumsi. Anda masih boleh mengonsumsi telur puyuh tapi mungkin tidak banyak.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

Manfaat Konsumsi Telur Puyuh

Jika dikonsumsi dengan frekuensi atau jumlah yang tepat, pakar kesehatan menyebut telur puyuh bisa memberikan manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

1. Bisa menambah stamina

Kandungan protein di dalam telur puyuh yang tinggi bisa membantu menambah massa otot dan stamina. Hal ini akan membantu tubuh mampu melakukan berbagai macam aktivitas dengan lancar.

Baca Juga : Tanda-tanda Asam Lambung Tinggi

2. Bisa mencegah anemia

Telur puyuh termasuk dalam makanan dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Rutin mengonsumsinya bisa membantu mencegah masalah anemia atau kurang darah yang bisa menyebabkan tubuh lesu dan kurang bertenaga.

3. Baik bagi kesehatan mata

Telur puyuh tinggi kandungan vitamin A dan rifoblfavin yang akan membantu menjaga kesehatan mata. Mengonsumsinya juga bisa menurunkan risiko terkena katarak atau masalah penglihatan lainnya.

Baca Juga : Penyebab Kolesterol dan Asam Urat

4. Bisa mencegah datangnya kanker

Di dalam telur puyuh terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini bisa mencegah paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel-sel tidak normal yang bisa saja berubah menjadi kanker.

5. Membantu proses detoksifikasi

Kandungan antioksidan di dalam telur puyuh yang ditambah dengan kandungan asam amino ternyata bisa membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi atau peluruhan racun di dalam tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *