Terapi Kolesterol Dengan Olahraga

Terapi Kolesterol – Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di organ hati, dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kolesterol diperlukan untuk memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D.

terapi kolesterol

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein yang disebut lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein, yaitu LDL yang biasa disebut dengan kolesterol jahat, dan HDL yang biasa disebut dengan kolesterol baik. LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. Sedangkan HDL berfungsi mengangkut kolesterol kembali ke organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan, untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kotoran.

Ciri-ciri Kolesterol

1. Sakit Kepala

Salah satu gejala yang khas dan sering muncul sebagai tanda kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

2. Nyeri Dada

Naiknya kadar kolesterol bisa menyebabkan gejala berupa rasa sakit alias nyeri dada di bagian depan. Biasanya, nyeri yang muncul sebagai tanda kolesterol naik juga terasa pada bagian lengan. Nyeri yang muncul biasanya akan terasa lebih menyiksa jika kolesterol naik berbarengan dengan perasaan tertekan atau stres berlebihan.

3. Gangguan Pencernaan

Selain memicu rasa nyeri, kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. Itu bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan akibat kadar kolesterol naik. Tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, dan pada akhirnya menyebabkan munculnya batu empedu. Bahkan, ada 80 persen lebih kasus batu empedu yang terjadi karena kolesterol tinggi.

Terapi Kolesterol

Di bawah ini ada beberapa alternatif terapi kolesterol dengan olahraga dan penjelasan mengapa olahraga jenis ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

1. Yoga

Jika olahraga aerobik mementingkan gerak secara terus menerus, Yoga adalah kombinasi antara gerakan, pernapasan, dan ketenangan pikiran. Yoga akan menurunkan stres dan membuat kamu rileks. Hal ini akan berefek positif terhadap kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa melakukan Yoga secara rutin dapat menurunkan LDL kolesterol dari 14% hingga 35%. Disamping itu, Yoga juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dengan persentase yang beragam.

Penelitian ini melibatkan mereka yang telah melakukan Yoga bervariasi dari 2 bulan hingga 5 tahun. Yoga yang mengombinasikan gerakan yang lebih halus dengan pernapasan dan ketenangan pikiran juga dapat menurunkan berat badan. Tapi ketika melakukan yoga kamu jangan mengosongkan pikiran ya! bisa-bisa jin masuk ke dalam tubuh kamu. Jadi kamu bisa melakukan gerakan yoga yang tidak melanggar syariat dan tetap sambil berzikir. Insya Allah akan lebih menentramkan jiwa kamu.

2. Jogging, Berlari, Bersepeda, dan Berenang

Selain itu, ada olahraga yang murah meriah dan mudah untuk kamu lakukan, yaitu olahraga seperti Jogging, bersepeda, berenang, dan berlari. Olahraga ini merangsang produksi enzim tertentu untuk memindahkan LDL kolesterol dari darah ke hati, tempat dimana LDL akan diproses untuk dibuang keluar tubuh.

Dengan 30 menit aktivitas fisik, lima hari seminggu (20 menit, tiga kali seminggu) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, dan tentunya lebih banyak latihan tentu lebih baik.

Olahraga ini juga membantu kamu mempertahankan berat badan ideal, mengurangi kesempatan kamu untuk mengembangkan arteri tersumbat. Kamu tidak perlu berolahraga selama 30 menit langsung, namun kamu dapat memecahnya menjadi bertahap 10 menit.

3. Taichi

Taichi yang awalnya adalah seni bela diri kini telah menjadi olahraga populer bagi mereka yang tidak bisa terlalu bebas bergerak karena sakit atau usia lanjut. Gerakan Taichi yang lembut dan perlahan sangat cocok bagi mereka yang ingin melakukan olahraga dan melatih jantung tanpa harus bergerak terlalu keras.Meski gerakannya halus dan lambat, sebuah studi menyatakan bahwa gerakan taichi dapat menurunkan total kolesterol sebesar 7%, dimana LDL kolesterol turun sebesar 12% hingga 15% sedangkan kolesterol baik meningkat hingga mencapai 7%.

Olahraga apapun akan sangat membantu kamu menjaga ketahanan tubuh. Kunci untuk dapat merasakan efek baik olahraga adalah dengan melakukannya secara rutin. 40 menit olahraga yang disertai pemanasan dan pendinginan, 3 hingga 4 kali seminggu adalah frekuensi yang tepat untuk kesehatan jantung kamu.

4. Aerobik

Sebab utama dibalik popularitas olahraga aerobik dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah adalah karena olahraga aerobik ini membuat jantung memompa lebih kuat dan lebih cepat.

Hal ini akan berefek pada meningkatnya metabolisme dalam tubuh yang artinya tubuh kamu membakar kalori lebih banyak. Tubuh kamu akan lebih banyak membakar kalori yang berasal dari lemak yang secara langsung mempengaruhi tingkat LDL kolesterol (kolesterol jahat).

Demikianlah terapi kolesterol dengan olahraga yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam darah kamu. Terlebih, akan lebih baik jika kamu mampu mengombinasikan beberapa olahraga tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa share ya agar bermanfaat bagi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *