Tumbuhan Penurun Kolesterol

Tumbuhan penurun kolesterol

Tumbuhan Penurun Kolesterol – Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Gaya hidup sehat sangat diperlukan dalam mengani kondisi kolesterol tinggi. Gantilah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, serta biji-bijian utuh (misalnya roti gandum utuh). Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap rendah.

Berikut ini adalah daftar tumbuhan penurun kadar kolesterol :

1. Jati Belanda ( Guazuma Ulmifolia Lamk )

jati belanda

Misalnya pohon jati belanda, yang dikenal dengan nama latin Guazuma ulmifolia Lamk. Orang-orang Jawa Tengah memanggilnya dengan nama “jati londo”. Biasanya tumbuhan ini memiliki tinggi tubuh hingga 20 meter, dan tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Daun jati belanda sendiri dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol seseorang, karena ternyata di dalamnya terdapat kandungan zat kimia bernama alkalois, flavonoid, saponin, tanin, lendiri dan damar. Biasanya orang akan meramu daun jati belanda sebanyak 20 gram dan dimasak dengan air sebanyak 1 gelas. Lalu setelah dingin, hasil masakan daun disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Baca Juga : Pantangan Penderita Kolesterol

2. Daun Asam Jawa ( Tamarindus Indica )

Daun Asam Jawa

Tumbuhan lain yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol adalah Asem Jawa. Cara meramunya adalah dengan menumbuk 150-200 daun asam jawa, lalu dicampur dengan segelas air matang panas (200 ml). Setelah itu diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum. Dianjurkan untuk membuatnya 3 kali sehari.

3. Tempuyung ( Sonchus arvensis L )

Tempuyung

Jenis tempuyung juga ditermasuk di dalam tumbuhan yang mampu menurunkan kolesterol. Di Jawa, tumbuhan ini dikenal dengan nama galing, jombang, jombang lalakina, lempung, lampenas, rayana (Sunda), tempuyung (Jawa Tengah). Daun tumbuhan ini dipercaya memiliki kandungan kimia seperti saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, kalium, silika, taraksasterol.

Cara meramunya adalah dengan memakan layaknya lalapan tiga lembar daun tempuyung yang dilayukan, dianjurkan lakukan hal ini tiga kali sehari.
Belimbing manis atau averhoa carambola kemudian juga dianggap memiliki fungsi sama. Daun dan batang dari tanaman ini mengandung asam oksalat sehingga rasanya asam dan air perasannya dapat digunakan sebagai penghilang karatan pada logam.

Baca Juga : Antartic Gold Krill Oil Atasi Kolesterol Dengan Cepat

4. Kemuning ( Murraya Paniculata )

kemuning

Tumbuhan Kemuning biasa tumbuh liar di antara semak belukar atau bahkan pada era sekarang banyak juga yang digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Di Jawa biasa disebut dengan nama Kemuning atau Kamuning ( Sunda ) dan beberapa sebutan lain seperti Kamoni, Kamone atau Kamoneng. Untuk digunakan sebagai ramuan penurun kolesterol, maka yang banyak dimanfaatkan dimasyarakat kita adalah daunnya. Pada Kemuning terdapat kandungan kimia antara lain Tanin, Flavonoid, Steroid dan Alkoloid. Untuk meramu sebagai ramuan penurun kolesterol, caranya : 20 gram daun kemuning direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, tambahkan 1 sendok makan madu dan diminum, lakukan hal ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Belimbing Manis ( Avernoa Carampola )

Belimbing Manis

Tumbuhan Penurun Kolesterol –  Belimbing Manis atau Belimbing Legi, orang Jawa menyebutnya, ternyata dapat digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pohonnya kecil dengan batang yang tidak begitu besar. Kandungan kimia yang terdapat pada Belimbing Manis ini antara lain glukosa, protein, zat besi, kalsium, phosphor, vitamin A, B dan C. Untuk digunakan sebagai ramuan penurun kolesterol, ambil buahnya sebanyak 3 buah, diperas dan diminum. Lakukan hal ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

6. Teh

teh

Mungkin diantara kita ada yang suka mengkonsumsi teh, tapi apakah pernah menyadari bahwa Teh memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Teh yang diyakini memiliki khasiat sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah adalah Teh Bakar atau Teh Rosella Merah. Yang perlu diingat, ketika mengkonsumsinya, dianjurkan untuk tidak menggunakan gula agar didapat hasil yang maksimal.

7. Phaleria Macrocarpa (Mahkota Dewa)

Mahkota Dewa

Penelitian demi penelitian membuktikan ekstrak tumbuhan Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) mengandung zat aktif asam galat, yang berfungsi meningkatan jumlah reseptor-kolestrol jahat LDL di membran sel, sehingga lebih banyak kolesterol LDL dalam darah yang diendositosis ke dalam sel, hingga otomatis kadar kolestrol LDL dalam darah ikut turun.

8. Centella Asiatic (Pegagan / Daun Tapak Kuda)

Pegagan

Menurut riset Yun Zhao dari Medical College, Xiamen University, Cina di tahun 2014, ekstrak tumbuhan Pegagan atau biasa disebut juga Daun Tapak Kuda (Centella asiatic) sanggup menurunkan kadar kolesterol sebesar 79% dan trigliserida sebesar 95%.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami

9. Morinda Citrifolia(Mengkudu)

Mengkudu

Ekstrak tumbuhan Mengkudu atau Paace (Morinda citrifolia) merupakan sumber zat proxeronine yang efektif menurunkan kadar kolesterol karena bersifat menghilangkan lemak pada darah & membatasi tubuh Anda menyerap lemak berlebihan.

10. Curcuma Xanthorhiza (Kunyit)

kunyit

Ekstrak tumbuhan Kunyit (Curcuma xanthorhiza) mengandung kurkuminoid (kurkumin & desmetoksikurkumin) yang berkhasiat menaikkan kadar koleterol HDL serta menurunkan kadar kolesterol LDL& trigliserida dalam darah Anda.

11. Cinnamomum Verum (Kayu Manis)

Kayu Manis

Ekstrak tumbuhan Kayu Manis (Cinnamomum verum) menjaga Anda aman dari serangan jantung atau stroke akibat penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Menurut Purwijantinigsih, seorang peneliti Indonesia, Cinnamomum verum mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang mencegah terjadinya proses oksidasi pada kolestrol LDL (penyebab penyempitan pembuluh darah).

Masih banyak lagi, kekayaan alam kita yang dapat kita manfaatkan sebagai ramuan penurun kadar kolesterol dalam darah. Smoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam mewujudkan keluarga yang sehat. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *